PERANCANGAN MUSEUM SEJARAH MUSIK POPULER INDONESIA DENGAN PENDEKATAN ALUR PENYAJIAN KRONOLOGI DAN TEMATIK

Audy Reza Kusuma, Detty Fitriany, Maugina Rizki Havier

Abstract


Museum adalah  wahana untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih menarik, interaktif dan menghibur tanpa kehilangan makna dan nilai-nilai historis benda-benda yang dipamerkannya Seiring berjalannya waktu, museum semakin berkembang dan diarahkan untuk berorientasi kepada pengunjung, dituntut untuk lebih interaktif lagi dalam melibatkan partisipasi pengunjung untuk bermain dan berinterpretasi terhadap pameran dan cerita yang disajikan pada museum. Dalam merancang sebuah museum yang informatif, edukatif dan rekreatif, perlu dikaji terlebih dahulu alur cerita (storyline) pameran yang dikaitkan dengan koleksi yang dimiliki oleh museum tersebut. Dalam hal ini, Museum Sejarah Musik Indonesia yang memiliki koleksi yang dikhususkan dari karya rilisan musik popular nasional, perlu dirancang dengan alur penyajian kronologi dan tematik dibanding museum lain yang bersifat lebih umum. Penelitian ini berisi tentang konsep dan model alur penyajian materi yang digunakan dalam mengarahkan isi pameran di Museum, dengan jenis penelitian eksperimental, metode pengumpulan data bersumber dari observasi lapangan dan studi literatur. Luaran penelitian adalah implementasi alur cerita pada denah arsitektur museum yang dibagi menjadi 5 zona tematik yang dirunutkan berdasarkan era musik.

Kata kunci: museum, musik populer, kronologi, tematik.


References


Magetsari, Noerhadi. 2011. Museum di Era Pascamodern. Seminar Towards Indonesian Postmodern Museums. Jakarta: Departemen Arkeologi Universitas Indonesia.

Mustika, Nidia & Rahaju, Sri. 2008. Tugas Akhir Perancangan Arsitektur. Bandung: Program Studi Perancangan Arsitektur, SAPPK-ITB.

Tjahjopurnomo, R., dkk. 2011. Konsep Penyajian Museum. Jakarta: Direktorat Permuseuman, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Fitriany, Detty., et al. 2017. Symbolic Representation Of Tri Hita Karana In Batur Geopark Museum. Proceedings of International Conference on Art, Craft, Culture and Design Icon-Arccade, www.icon-arccade.com: 2017. Vol1 Issue 01. Hal. 221-230

Havier, Maugina Rizki. 2018. Peran Proyeksi Video Di Museum Bank Indonesia. Visualita, vol. 6, no. 2, Feb. 2018




Alamat Redaksi dan Tata Usaha:

Program Studi Desain Interior FAD Institut Teknologi Nasional Bandung
Gedung 1 Lantai 1
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekajiva@itenas.ac.id