Kajian Pengalaman Pengunjung Bandar Udara Mali Alor dengan Penerapan Skenario Cerita Prolouge of Alor

Sekar Mayang Kancanawiyati Putri, Detty Fitriany, Andika Dwicahyo Aribowo

Abstract


Bandara Mali Alor merupakan bandara berbasis internasional yang telah melakukan perluasan dan pembangunan melewati sayembara nusantara. Bandara Mali juga menjadi salah satu jalur transportasi yang berperan penting, terutama dengan terjadinya peningkatan kepadatan   pengunjung. Pada tinjauan perancangan desain, dilakukan beberapa tahap analisis dengan pendekatan 7 aspek, yaitu form and space, experience, building systems, place and context, user experience, dan ideas. Seluruh aspek tersebut akan menganalisa karakter masyarakat setempat dan mempelajari ragam budaya di Pulau Alor untuk meberikan solusi dari masalah yang kerap dialami pengunjung bandara. Proses Desain Interior pada Terminal Bandar Udara Mali diharapkan dapat membantu meningkatkan nilai jual dari Pulau Alor sendiri yang memiliki   potensi perkembangan ekonomi setempat terutama dalam bidang pariwisata. Bagian proses   dari perancangan Interior Bandara Mali meliputi identifikasi, analisis, kajian data. Hasil dari bahasan tersebut yaitu merupakan pengembangan konsep, pemaparan alur cerita yang baru,   suasana, psikologi pengunjung, dan peningkatan fasilitas. Implementasi dari konsep desain adalah penerapan unsur budaya yang dekat dengan alam, sehingga dapat terwujudnya representasi Pulau Alor terhadap pintu atau gate sebagai sambutan selamat datang dengan memberikan pengalaman berkesan bagi pengunjung. Proses desain dilakukan dengan pendekatan psikologi panca indra seperti teori yang dikembangkan oleh Weinscheck (2011;2)

Kata kunci: terminal bandara, Pulau Alor, budaya, alam, psikologi.


Full Text:

PDF

References


McLennan, Jason F. Phylosophy of Sustainable Design. 2004

Kartiwa, Suwati, Forum Arkeologi Volume 26, Nomor 3, November 2013 (181 - 194) 1993:7

Richman dan Kuntjoro, World of Codes, 2020.

D.D Kotten, Alexander T. Wells, Ed.D & Seth Young,Ph.D. Airport Planning & Management. (FiftEdition), , 1994:80

Effendi, S. 1989. Metode Penelitian Survei (p. 336). Jakarta: LP3ES

Costumer Care Airport Standard Manual. Edisi 1.0 Tahun 2019.

Robert Horonjeff - Francis X. McKeevey William J. Sproule - Seth B. Young. Planning & Design of Airports.(Fifth Edition)

Alexander T. Wells, Ed.D & Seth Young,Ph.D. Airpor Planning & Management. (FiftEdition)

Panero, Julius . 1979. Human Dimention , Jakarta, Erlangga

Desain Bandara Nusantara.ALOR (Sayembara Desain=Bandara UdaramNusantara) Lokasi : Terminal Penumpang Bandara Udara Mali Alor, NTT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Budaya Masyarakat ALOR.

Aribowo, Andika Dwicahyo dan Novrizal Primayudha. Approaching Local Element and Sustainability Principles in the Design Process of Lombok International Airport with Sense of Lombok Theme. Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 1, july 2022. ISSN 2615-6776.




Alamat Redaksi dan Tata Usaha:

Program Studi Desain Interior FAD Institut Teknologi Nasional Bandung
Gedung 1 Lantai 1
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekajiva@itenas.ac.id