Perancangan Desain Interior Bank Perkreditan Rakyat dengan Pendekatan New Normal
Abstract
Munculnya wabah atau pandemi covid-19 membuat banyak perubahan pada aktifitas manusia. Efek pandemi covid-19 ini banyak memberikan dampak perubahan, salah satunya dari sisi perekonomian yang sangat sinigfikan terlihat perubahan. Adanya kebijakan berdampak pada public space, terutama pada bidang makanan dan minuman, retail hingga perbankan. Penelitian ini membahas perancangan desain interior bank model BPR terkait dengan permasalahan pelayanan pada masa pandemi, khususnya di ruang tunggu. Dengan menerapkan konsep new normal bertujuan menciptakan suasana ruangan nyaman dan aman dengan adanya penerapan protokol kesehatan dan juga mengikuti adanya perpaduan konsep dengan klasik. Perancangan yang mengunakan material yang mudah perawatan dan dibersihkan agar tetap terjaga kebersihannya.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Lestari, Siti Indah., & Hadi, Muhammad Zulfikri. (2021). Penerapan Konsep Budaya New Normal Pada Ruang Kantor Pelayanan. Jurnal Proporsi, 6(2), 135-144.
Marpaung, Roy (2022). Ornamen Gorga Batak Toba. Retrieved from id.pinterest.com
Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sipayung, Jan Flayson. (2019). PT. BPR NBP 25 Tembung. Retrieved from ptbprnbp25.co.id
Syoufa, A. & Hapsari, H. (2014). Pengaruh Pola Sirkulasi Pusat Perbelanjaan Mal terhadap Pola Penyebaran Pengunjung. Jurnal Desain Konstruksi, 13(2), 46-57.
Sapta, Dina Putrita (2021). Perancangan Interior Kantor Bank BNI Dr. Cipto Semarang Lantai 5. ISI Yogyakarta.
Taylor, S. (2019). The Psychology of Pandemics. Newcastle: Cambridge Scholars Publishing.
Alamat Redaksi dan Tata Usaha:
Program Studi Desain Interior FAD Institut Teknologi Nasional Bandung
Gedung 1 Lantai 1
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekajiva@itenas.ac.id