Tinjauan Usaha Optimalisasi Ruang Kerja Mahasiswa Desain Interior di Masa Pandemik (Studi Kasus: Mahasiswa Program Studi Desain Interior Itenas Angkatan 2020)

Izmi Tasya Aulia, Deva Zahra Fadhillah, Iyus Kusnaedi

Abstract


Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi ruang yang digunakan mahasiswa Desain Interior Institut Teknologi Nasional 2020 selama Study From Home (SFH). Penelitian ini dilakukan menggunakan metode photovoice dan menggunakan data hasil survey yang didapatkan dari kuisioner yang dibagikan melalui online di platform Google Form. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, mampu menggambarkan kondisi ruang kerja bagi mahasiswa Desain Interior Institut Teknologi Nasional Angkatan 2020. Selama SFH para mahasiswa cenderung menggunakan ruangan yang ada. Maka dari itu, Penggunaan ruang yang ada menjadikan para mahasiswa harus mengoptimalkan ruangan kerja yang mereka gunakan agar ruangan kerja menjadi nyaman. Ditemukan juga beberapa masalah terkait aspek interior seperti aspek akustik serta aspek ergonomis pada furnitur yang digunakan yang berpengaruh terhadap kenyamanan di ruang kerja yang dapat membuat para mahasiswa mampu meningkatkan produktivitasnya selama pandemi. Kesimpulan yang bisa didapat adalah luas ruang, akustik dan ergonomik berpengaruh terhadap produktivitas kerja selama SFH.

Kata kunci: Studi From Home (SFH), optimalisasi ruang, prpduktivitas, pandemik, Covid-10.


References


Ariyani, I. (2020). Penyesuaian Setting Ruang Untuk Bekerja Dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. . Yogyakarta: Lintas Ruang - Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Damayanti, R., Y. I., & Adisurya, S. I. (2021). Sosialisasi dan Edukasi Ruang Kerja Efektif dan Ergonomis Selama Wfh Untuk Guru dan Orangtua Siswa TK QIIS. Cibubur, Jakarta: Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia.

DeRossette, Z. G. (2016). Variation in Job Performance Among Telecommuters. San Francisco, California: San Francisco State University.

Dila Hendrassukma. (2014). Perancangan Tata Cahaya Pada Interior Rumah Tinggal. Jakarta: Media Teliti - Universitas Bina Nusantara Jakarta.

Indrani, H. C., & Citra Cahyawati. (2011). Studi Penerapan Sistem Akustik Pada Ruang Kuliah Audio Visual (Vol. 9). Surabaya: Dimensi Interior - Universitas Kristen Petra Surabaya.

Kurniawan, B. K., A. F., & Oktavianus Nangnoy. (2018). Penerapan Ergonomi Dalam Perancangan Furnitur Mata Kuliah DF IV Desain Interior Di Universitas Bina Nusantara. Jakarta: Jurnal Seni Rupa- Universitas Bina Nusantara.

M. S. (2013). Kenyamanan Visual Melalui Pencahayaan Alami Pada Kantor (Vol. 11). Jurnal Ruas - Universitas Brawijaya.

Mungkasa, O. (2020). Bekerja Jarak Jauh (Telecommuting): Konsep, Penerapan dan Pembelajaran (Vol. III). Jakarta, Indonesia: Bappenas Working Papers.

Mustajab, D., A. B., A. R., A. I., Muhammad Aldrin Akbar, & Muhammad Amin Hamid. (2020). Working from Home Phenomenon as an Effort to Prevent COVID-19 Attacks and Its Impacts on Work Productivity (Vol. 4). The International Journal of Applied Business.

Rahman, M. F., & Jumino. (2020). Peran Desain Interior Dalam Menunjang Kenyamanan Pengguna di Perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah (Vol. 4). Semarang: ANUVA - Universitas Diponegoro.

Sasmita, A. O. (2014). Pengaruh Desain Interior terhadap Produktivitas Kerja Pustawakan di Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Surabaya. Surabaya: Universitas Airlangga.

Siringoringo, H. (2005). Pemograman Linear: Seri Teknik Riset Operasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wardani, L. M. (2020). Covid-19 Pandemi Dalam Banyak Wajah. Depok , Jawa Barat: Rajawali Pers.




Alamat Redaksi dan Tata Usaha:

Program Studi Desain Interior FAD Institut Teknologi Nasional Bandung
Gedung 1 Lantai 1
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekajiva@itenas.ac.id