Penerapan Ergonomi Interior pada Area Bermain di PSY Steamboat Yakiniku di Bandung
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan ergonomi pada area bermain anak PSY Steamboat Yakiniku. Keterbatasan tempat, terganggunya sirkulasi gerak dan penempatan yang kurang strategis pada area bermain membuat area ini perlu dikaji kembali. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan ergonomi dan aspek apa saja yang perlu diperhatikan pada area bermain khususnya direstoran PSYSteamboat Yakiniku. Penelitianini bersifat kualitatif danmenggunakan metode mix-method. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk data primer dan sekunder yang didapat dari observasilangsung, buku, jurnal, serta data onlineuntuk mendapatkan informasi dan data-data penelitian. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah hipotesa mengenai kesesuaian aplikasi ergonomi pada area bermain anak dalam sebuah restoran PSY Steamboat Yakinikuyang terletak di Jl. Hasanudin No. 26, Bandung.
Kata Kunci : ergonomi, area bermain, restoran PSY Steamboat Yakiniku, anak-anakFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hafilda. Martana, Salmon Priaji. (2021). Kriteria Ruang Sekolah Khusus Penyandang Autisme. Waca Cipta Ruang : Jurnal Ilmiah Desain Interior, Vol. 7 No. 1. (18-26)
Havier, Maugina Rizki. (2018). Estetika Bentuk pada Furnitur Berkonsep Anthropomorphis. Studi Kasus: My Big Fat Sofaâ€. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 5(2). https://doi.org/10.46964/jkdpia.v5i2.43
Nurmianto, Eko. (1996). Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.
Creswell, John W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (second Edition). Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc.
Mas’oed, Mohtar. (1994). Ilmu Hubungan Internasional: Disiplin dan Metodologi. Jakarta: LP3ES.
Widiyanita, Novi. (2018). Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Bencana Gunung Berapi Siswa Kelas VIII Di SMP NEGERI 2 Colomadu Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 1-9
Adjrianto & Putri, Hera Anggia. (2012). Pengukuran Antropometri Murid Taman Kanak-Kanak Sebagai Acuan Perancngan Kursi Anak yang Ergonomis Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak Swasta X. ITEGRA: Jurnal Teknik dan Manajemen Industri, 2(2), 107-116
Putri, Monica Rosari. (2017, 11 Dec). Standar Keamanan dan Kenyamanan Ruang Bermain Anak Usia Pra Sekolah pada Lahan Terbatas. Semarang: Laporan Akhir Seminar M.K Seminar
Herwangi, Yori; Wihardyanto, Dimas. (2009). Ruang Bermain di Perkotaan: Karakteristik Bermain dan Tempat Bermain Anak-anak di Kawasan Padat Penduduk Kasus Kelurahan Cokrodiningratan, Yogyakarta. Seminar Nasional “Identitas Kota-kota Masa Depan Indonesiaâ€. Denpasar.
Baskara, Medha. (2011). Prinsip Pengendalian Perancangan Taman Bermain Anak di Ruang Publik. Jurnal Lanskap Indonesia. Vol 3 No. 1. 27-34
Latif, Fauzia. (2014). Pentingnya Interior Playgroup Dalam Mengoptimalkan Kreativitas Anak Prasekolah. Jakarta : Jurnal Humaniora. Vol. 5 No.1 April 2014 : 367-377
Sari, Sriti. (2004). Peran Warna Interior Terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Dimensi Interior. Vol.2 No.1 Juni 2004: 22-36
Diyanti, Ayu Oktira; Budiarto, Chairil; Mustikawati, Triandriani. (2014). Lingkungan Ramah Anak pada Sekolah Taman Kanak-Kanak. Malang: Jurnal RUAS. Vol. 12 No.2
Setyohadi, RM. Bambang. (2010). Pengaruh Warna Terhadap Kamar Tidur Anak. Teknik Sipil & Perencanaan, No. 1 Vol. 12. (79-90)
Giovanni, Monica Fransisca. (2019). Landasan Teori dan Program Arsitektur Kompleks Playgroup, TK, dan Penitipan Anak di Kota Semarang. Projek Akhir Arsitektur Universitas Katolik Soegijapranata, Bab III. (18-82).
Rujukan Sumber Online :
Putri, dr. Restie Rachmanta. (2020, 16 Jan). Inilah Tinggi Badan Anak Indonesia Sesuai Usianya. Retrieved from www.klinikdokter.com
Alamat Redaksi dan Tata Usaha:
Program Studi Desain Interior FAD Institut Teknologi Nasional Bandung
Gedung 1 Lantai 1
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekajiva@itenas.ac.id