Pengaruh Warna Terhadap Psikologi User di Zen Family Spa & Reflexology Bandung
Abstract
Warna berperan aktif dalam menunjang mood para pengunjung. Warna adalah salah satu elemen interior yang berpengaruh terhadap psikologi, sehingga dapat dipertimbangkan dalam menciptakan sebuah suasana ruang untuk tiap segmentasi/kebutuhan ruangan tersebut. Tujuan pada penelitian kali ini adalah bagaimana pengaruh warna mempengaruhi suasana dan user di tempat spa dan pijat. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi kuantitatif yang menggunakan platform google form sebagai alat untuk mengumpulkan kuisioner yang dibuat. Hasil kuesioner digunakan untuk memperoleh data tentang pengaruh warna pada ruang pijat dan spa di ZEN Bandung. Hal tersebut menjadi sangat penting dalam penelitian ini untuk mengembangkan wawasan mengenai pengaruh warna terhadap psikologi user di tempat sebuah fasilitas spa.
Kata kunci: : Psikologi, warna, suasana ruang, tempat spa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alkathiri, Azizah T. B. dan Yeptadian. 2019. Pengaruh Warna Terhadap Produktivitas Karyawan Kantor. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/purwarupa/article/view/4384. Diakses 19 Januari 2022 pukul 03.44.
Annisa, Dewi Ayu Nur dan Kiki K. Lestari. 2021. Pengaruh Pemilihan Jenis dan Warna Pencahayaan pada Suasana Ruang Serta Kesan Pengunjung Kafe. https://journals.ums.ac.id/index.php/sinektika/article/view/13325. Diakses 19 Januari 2022 pukul 03.40.
Ardini, Endy Nahya. 2017. Pengaruh Warna Pada Elemen Interior Ruang Tunggu Rumah Sakit Ibu dan Anak Terhadap Psikologis Pengunjung (Sttudi Kasus Rumah Sakit Ibu dan Anak Melinda Bandung). https://journals.telkomuniversity.ac.id/idealog/article/view/1235. Diakses pada 19 Januari 2022 pukul 03.10.
Bellizzi, Joseph A., Robert E. Hite. 1992. Environmental Color Consumer Feeling and Purchase Likelihood. Psychology & Marketing. Vo. 9 Issue 5. P 347 – 363. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/mar.4220090502.
Budianto, dkk. 2018. Studi Pengaruh Warna Interior Ruang Rawat Inap Terhadap Tingkat Stress Pasien (Studi Kasus RSIA di Surabaya). https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi/article/download/4600/3284. Diakses pada 19 Januari 2022 pukul 03.27.
Elliot, Andrew J. 2015. Color and Psychological Functioning: A Review of Theoretical and Emperical Work. Frontiers in Psychology. April 2015. www.frontiersin.org.
Lichtle, Marie-Christine. 2007. The Effect of An Advertisement’s Color on Emotions Evoked by Attitude Towards Tke Ad. International Journal of Advertising Vol. 6 Issue 1. P. 37 – 62. https://doi.org/10.1080/02650487.2007.11072995.
Hico. 2016. 10 Arti Warna dalam Psikologi Warna, Terpopuler Menurut para Ahli. https://goodminds.id/arti-warna/. Diakses 19 Januari 2022 pukul 04.48.
Majidah FHISIP-UT; Indonesia, dkk. 2019. Pengunaan Warna Dalam Desain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/897. 2019. Diakses pada 19 Januari 2022 pukul 03.23.
Marysa, IH, AW Anggraita. 2016. Studi Pengaruh Warna pada Interior terhadap Psikologis Penggunanya, Studi Kasus pada Unit Transfusi Darah Kota X. Jurnal Desain Interior Vol. 1 No. 1. Hal. 41 - 50.
Mehta, Manish, Arun Mathews. 2010. The Hospitalist Manual. Connecticut: People’s Medical Publishing House.
Alamat Redaksi dan Tata Usaha:
Program Studi Desain Interior FAD Institut Teknologi Nasional Bandung
Gedung 1 Lantai 1
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekajiva@itenas.ac.id