Penggunaan Oktan Booster untuk Memperbaiki Kinerja Mesin Bensin 4 Langkah

Yuniarto Agus Winoko, Agus Setiawan, Purwoko Purwoko

Sari


ABSTRAK

 

Penurunan kinerja mesin diakibatkan adanya kerusakan komponen,  kondisi ini akibat beberapa faktor seperti cara mengemudi, beban kerja, medan jalan dan modifikasi. Kerusakan mesin saat pembakaran berlangsung terjadi akibat perbandingan udara dan bahan bakar yang tidak sesuai atau penambahan additif bahan bakar yang tidak sesuai. Oktan booster adalah additive berbentuk granular untuk memperbaiki proses pembakaran di mesin bensin. Tujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan octane booster pada bahan bakar pertalite terhadap daya dan specific fuel consumption, selain mengetahui daya terbesar campuran bahan bakar dengan oktan booster yang massanya 0,2gram, 0,4gram dan 0,6gram serta 0,8gram. Metode uji kinerja mesin bukaan katup penuh sesuai standar ISO 1585 dengan putaran mesin 1000, 2000, 3000 dan 4000rpm.  Pencampuran oktan booster 0,2gram, 0,4gram dan 0,6gram serta 0,8gram  dan 3 liter pertalite dengan cara ditumpuk dan diaduk. Selanjutnya data dihitung dan dianalisis secara matematika. Hasil ada pengaruh penambahan octane booster. Daya terbesar 38,23 hP saat campuran pertalite tercampur 0,8gram octane booster dan terjadi penurunan konsumsi bahan bakar 15% dibanding standar. Konsumsi bahan bakar terendah pada campuran 0,8gram oktan booster dengan 3 liter pertalite.

 

Kata kunci : bahan bakar, oktan booster, putaran mesin, daya.

 

ABSTRACT

 

Engine performance decreasing is caused by component damage, this condition due to several factors such as driving method, workload, road terrain and modifications. Failure of the engine during combustion occurs since there is an inappropriate air to fuel ratio or the addition of inappropriate fuel additives. Octane booster is an additive in granular form to improve the combustion process in gasoline engines. The purpose of this study is to determine the effect of adding an octane booster to pertalite fuel on power and specific fuel consumption, furthermore is to knowing the biggest power when the fuel mix with an octane booster with masses of 0.2gram, 0.4gram and 0.6gram and 0.8gram. Test method for engine performance with full valve opening according to ISO 1585 standard with engine speed of 1000, 2000, 3000 and 4000rpm. Mixing octane booster 0.2 grams, 0.4 grams and 0.6 grams as well as 0.8 grams and 3 liters of pertalite by stacking and stirring. hereafter the data is calculated and analyzed mathematically. The test results show that there is an effect of adding an octane booster. The biggest power was 38.23 hP when the pertalite is mixed with 0.8gram octane booster and there was a 15% decrease in fuel consumption compared to the standard. Lowest fuel consumption is in a mixture of 0.8gram octane booster with 3 liters of pertalite.

 

Keywords: booster octan, fuel, engine speed, power


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Permatasari. R & Gusti Y. R. 2017 “Pengaruh Penambahan Zat Aditif OctaneBooster X Terhadap Kinerja dan Emisi Gas Buang Kendaraan Sepeda Motor Tipe All New Cbr150râ€. Sinergi Vol. 21, No.3 Universitas Trisakti..DOAJ:doaj.org/toc/2460-1217 OI:doi.org/10.22441/sinergi.2017.3.004. pp179-186.

Krisnanda, R. B & H. D. Sungkono K.2012. “Pengaruh Penambahan Aditif pada Premiumdengan Variasi Konsentrasi terhadap Unjuk Kerja Engine Putaran Variabel Karisma 125 CCâ€: Jurnal Teknik Pomits Vol. 1, No. 1 Institut Teknologi Sepuluh Nopember. pp1-4.

Syaiful, Akhmad F, Nurida F., 2012, “Pengaruh Octane oster Pada Bahan bakar ‘Terhadap Konsumsi dan Daya Untuk Motor Bensin 4 Tak 1 Silinderâ€, Jurnal Proton, Vol. 4, no.2, pp 53-58.

Tribowo B. 2013. “Teori Dasar Simulasi Proses Pembakaran Limbah Vinasse Dari Industri Alkohol Berbasis CFDâ€. Jurnal Bahan Alam Terbarukan Vol 2 No 2. ISSN 2303-0623. pp14-24.

Suryawan A.A.A 2019. â€Teknik Pembakaran dan Fenomena Knockingâ€. Program Studi Teknik Mesin Universitas Udayana. pp 3-41.

Raymond. L . 2015. “Pengaruh Copression Ratio Terhadap Unjuk kerja dan Emisi Gas Buang Pada Mesin Sinjai 650cc Berbahan Bakar BI-FUEL (Premium– Compressed Natural Gas. Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Rosid, 2016: “Analisa Proses Pembakaran Pada Motor Bensin 113.5cc Dengan Simulasi Ansys†Jurnal Teknologi. i Vol 8 No 2. ISSN : 2085 – 1669. e-ISSN : 2460 – 0288. pp 89-95.

Yafid E, Rifal 2018,’Uji Performan Mesin Diesel Saru Silinder Mengggunakan Metoda Standar Nasional Indonesia (SNI) 0119:2012,’Jurnal Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Tangerang; Vol. 2, no. 1, Juli – Desember, 2018, pp 1-7. www.toyota.co.id diakses 10 September pukul 20.00.

Meli R, Aris A 2017: Pengaruh Penambahan Zat Additif Octane Booster Pada Bahan Bakar Premium Terhadap Performance Mesin Pada Sepeda Motor Mega Pro 150 CC Tahun 2011â€, JTM Volume 04 Nomor 03 Tahun 2016, pp 489-498.

A.W. Yuniarto. 2017. “Pengujian Daya dan Emisi Gas Buang Edisi Revisiâ€. Polinema Press ISBN 978-602-6695-13-0, Malang.

Pulkrabek, W. W. 2004. Engineering Fundamental of The Internal Combustion Engine. Pearson Prentice-Hall, New Jersey.




DOI: https://doi.org/10.26760/JREM.v2i1.1

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


_______________________________________________________________________________________________________________________

ISSN (elektronik) : 2775-8087

diterbitkan oleh :

Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 11 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215  Fax. 7202892

Surat Elektronik : jurnal.mesin@itenas.ac.id

_________________________________________________________________________________________________________________________

Flag Counter

Lihat Statistik

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License