Perancangan Konsep Kendaraan Roda Tiga dengan Penggerak Motor Listrik
Sari
ABTRAK
Â
Perkembangan teknologi pada dunia otomotif menghasilkan banyak inovasi yang menjanjikan, seperti mobil listrik yang tidak membutuhkan bahan bakar minyak dari energi fosil lagi, teknologi self driving yang dapat membuat mobil berjalan secara otomatis, serta masih banyak yang lain. Tetapi masih sedikit kendaraan yang diciptakan sebagai solusi kemacetan di kota-kota besar, karena dimensinya terlalu besar.
Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah merancang konsep kendaraan roda tiga dengan penggerak motor listrik, mempunyai ukuran yang lebih kecil dari mobil namun lebih besar dari motor. Dimensi hasil perancangan adalah panjang 2340 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 1440 mm. Kendaraan ini juga memiliki sistem tilting mechanism yang dapat melewati jalanan sempit (gang kecil) dengan lincah, dengan radius belok yaitu hanya sebesar 1,5 m.
Â
Kata kunci : Kendaraan roda tiga, motor listrik, tilting mechanis, radius belok.
Â
ABSTRACT
Â
Technological developments in automotive word generate so many promising innovations like electric cars that do not require gas fuel, self driving technology which makes the car can run automatically, and so on. But still few vehicles are created to become traffic solution in big cities, because the dimension is too large.
Therefore the purpose of this research is to design three wheel vehicle concept with electric motor drive that smaller the car but larger than motorcycle. The length is 2340 mm, the width is 800 mm, and the height is 1440 mm. This vehicle also has tilting mechanism system that can pass narrow alley with the small turning radius which is 1,5 m.
Â
Keyword: Three wheel vehicle, electic motor, tilting mechanism, turning radius.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Harsokoesoemo, H. Darmawan, 1999. Pengantar Perancangan Teknik (Perancangan Produk) Edisi 2. ITB, Bandung.
Daryanto, Drs, Teknik SEPEDA MOTOR, CV. Yrama Widya, Bandung, 2004.
G. Takeshi Sato dan N. Sugiarto, Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. PT. Prandnya Paramita, Jakarta, 2003.
Anwir BS, Teknik Mobil, PT. Bhratara Karya Aksara, Jakarta, 1984.
Wibowo, 2017. Rancang Bangun Karakteristik Handling Kendaraan TTW (Tilting Three Wheeler), http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/gem/article/viewFile/17607/17522 . Dilihat 08 September 2017.
Novriza, S.Pd, 2011. Memperbaiki Sistem Kemudi, https://novrizalbinmuslim23.files.wordpress.com/2012/10/modul-sistem-kemudi.pdf . Dilihat 08 September 2017.
Prasetyadi, Juan., 2017, Jenis atau Tipe Sistem Penggerak FR, FF, RR, MR, 4WD (FWD), http://www.teknik-otomotif.com/2017/03/jenis-atau-tipe-sistem-penggerak-fr-ff.html. Dilihat 9 Januari 2018.
Thowil Afif, dan M, Ilham Ayu, Analisis Perbandingan Baterai Lithium-Ion, Lithium-Polymer, Lead Acid & Nickel-Metal Hydride pada Penggunaan Mobil Listrik, http://rekayasamesin.ub.ac.id/index.php/rm/article/download/365/289 . Dilihat 20 Oktober 2017.
Rizky A.D, Perbandingan Untuk Kerja Motor Brushless Direct Current dan Brushed DC pada Nogogeni Urban Konsep, Tugas akhir bimbingan Dedy Zulhidayat Noor, ST, MT., Jurusan Teknik Mesin Industri, ITSN, 2017.
Sularso, Ir, MSME Kiyokatsu Suga., 1991. Dasar Perancangan Dan Pemilihan Elemen Mesin., PT Pradnya Paramita, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.26760/JREM.v2i1.42
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN (elektronik) :Â 2775-8087
diterbitkan oleh :
Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 11 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 Fax. 7202892
Surat Elektronik : jurnal.mesin@itenas.ac.id
_________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.