Pengembangan Prototipe Pesawat Udara Tanpa Awak Jenis Fixed Wing VTOL

Syahril Sayuti, Agus Maulidi, Ahmad Khaerudin

Sari


ABSTRAK

 

Pesawat udaramembutuhkan landasan pacu untuk dapat lepas landas maupun untuk mendarat, hal yang sama juga berlaku untuk Pesawat udara tanpa awak(Fixed Wings Drone). Penelitian ini bertujuan merancang dan membuat  Pesawat Udara Tanpa Awak yang di persiapkan untuk dapat Lepas landas dan mendarat secara vertikal. Agar dapat Lepas landas dan mendarat secara vertikal tanpa butuh landasan pacu pada pesawat di tambahkan empat rotor vertikal yang berfungsi mengambil alih gerakan saat pesawat Lepas landas dan mendarat secara vertikal. Ide perancangan berasaldari inventarisasi prinsip kerja pesawat sejenis yang telah ada, dilakukan optimalisasi bentuk dan dimensi pesawat,kemudian dibuat dalam bentuk gambar teknik untukproses pembuatan pesawat, akhirnya dilakukan pengujian. Jenis pesawat yang dibuat adalah tipe Twin Boom yang ditambahkan empat propeler dengan bentang sayap pesawat 160cm dan panjang pesawat sekitar 105cm dengan bobot total sekitar 1,5 kg. Setelah dilakukan uji statis dan uji dinamis, pesawat tanpa awakyang di buat dapat terbang dan bermanuver dengan baik.

 

Kata kunci: Pesawat Tanpa Awak, Fixed Wings, Vertikal Takeoff and landing.

 

ABSTRACT

 

An aircraft requires a runway both take-off and landing, the same can also be stated for unmanned aerial vehicles (Fixed Wings Drone). This research was done with the purpose of designing and developing unmanned aerial vehicles with the capability of taking off and landing in a vertical manner without a runway. In order to achieve this, four vertical rotors were added to the plane body to help control its motion. The main idea of the research comes from the working principles of similar aircraft designs, developing optimization on the shape and the dimension of the plane, developing the engineering drawings for those designs, and then testing the designs. The type of aircraft designed was a Twin Boom design with the addition of four propellers. The plane has a total width of 160 cm and length of 105 cm, with a total weight of 1.5 kg. After dynamic testing, the aircraft managed to achieve flight and good maneuvering capabilities.

 

Keywords: Unmanned Aerial Vehicle, Fixed Wings, Vertical Take-off and landing.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Remindino, F., L. Barazzeti, F. Nex, M. Scaioni, and D. Sarazzi. 2011. UAV Photogrametry for Mapping and 3D Modelling. Current Status

Mahmoud Hamandi, Federico Usai, Quentin Sablé, Nicolas Staub, Marco Tognon and Antonio Franchi, “Multirotor Aerial Vehicles: A Taxonomy Based on Input Allocationâ€. The International Journal of Robotics Research, 2021, 40 (8-9), pp.1015-1044. 10.1177/02783649211025998. hal-02433405v2

Bayu Prayudha, Potensi Pemanfaatan Drone Untuk Penyediaan Data Wilayah Pesisir, Jurnal Oseana, Volume XLIII, nomor 1 Tahun 2018 : 44 – 52.

Aeroplane Database, British Aerospace Sea Harrier, Appril 2022. www.key.Aero

Chung-Kiak Poh, Chung-How Poh, (2021), “ Retarded Harrier Maneuver as a New and Efficient Approach forFixed-Wing Aircraft to Achieve S/VTOLâ€. Advances in Aerospace Science and Technology, 6, 81-92.

Aditya Intwala, Yash Parikh, 2015, A Review on Vertical Take Off and Landing (VTOL) Vehicles, International Journal of Innovative Research in Advanced Engineering (IJIRAE) ISSN: 2349-2163 Issue 2, Volume 2 (February 2015), pp. 168-191

Dražen Cvitanić, Drone applications in transportation, 2020 5th International Conference on Smart and Sustainable Technologies (SpliTech), 23-26 September 2020, Split, Croatia, DOI: 10.23919/SpliTech49282.2020.9243807

Anderson, Jhon D. 2011. Fundamentals Of Aerodynamics. McGraw-Hill : Singapore.

Agus Maulidi.2020. Perancangan Sistem Mekanik Fixed Wings VTOL (Vertical Takeoff and Landing). Institut Teknologi Nasional. Bandung.

Ahmad Kherudin.2020.Pembuatan Pesawat Fixed Wings VTOL, Institut Teknologi Nasional. Bandung




DOI: https://doi.org/10.26760/JREM.v2i2.128

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


_______________________________________________________________________________________________________________________

ISSN (elektronik) : 2775-8087

diterbitkan oleh :

Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 11 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215  Fax. 7202892

Surat Elektronik : jurnal.mesin@itenas.ac.id

_________________________________________________________________________________________________________________________

Flag Counter

Lihat Statistik

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License