Analisis Traubleshooting pada CVT (Continuously Variable Transmission) Sepeda Motor Vario 125

Yeni Yeni Yeni, Deddy Supriyatna, Deddy Supriyatna, Jukri Haryana, Jukri Haryana

Sari


Menurut data dari CNBC Indonesia tahun 2020 penjualan motor tipe matic banyak di gemari atau masih menjadi primadona hingga mencapai 87% banyaknya. Dilihat dari kalangan masyarakat sekarang banyak sekali yang menggunakan sepeda motor matic. Maka dari itu banyak penelitian yang memodifikasi demi mendapatkan akselerasi yang lebih cepat dari standarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah traubleshooting yaitu mengamati gejala, mengidentifikasi kerusakan, melakukan pemeriksaan dan pengukuran pada komponen atau sistem. Melakukan perawatan dan berbaikan jika ada komponen atau sistem yang teridentifikasi adanya kerusakan atau tidak sesuai ukuran, serta menentukan langkah-langkah traubleshooting yang baik dan benar sesuai SOP. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi langkah traubleshooting pada sistem CVT sepeda motor honda Vario 125. Dengan dilakukannya langkah troubleshooting yang baik dan benar sesuai SOP maka akan mempermudah proses pekerjaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sandi, F. (2020). Kuasai Pasar 87%, Skutik “Bunuh” Motor Bebek. CNBC Indonesia.

Muhib. (2022). Honda Masih Jadi Merek Motor Terlaris di Indonesia, Kuasai Penjualan sampai 77,6 Persen pada 2021. Oto.Com.

S Gilang, F. A. (2020). Daftar 17 Motor Baru Honda Sepanjang 2020. Kompas.Com

Yassinta A, P. E. (2023). Pengertian CVT, Fungsi, dan Ciri-Ciri Kerusakannya pada Motor Matic. Detikoto.

Anugrah, R. A. (2021). Troubleshooting Analysis of CVT (Continuously Variable Transmission) System on Honda Beat Motorcycles. MOTIVECTION Journal of Mechanical, Electrical and Industrial Engineering, 4(1), 1-8.

Hipertensiva, C. (2019). Perawatan Berkala Sepeda motor Matic.

Wahyu, D. (2023). Pengaruh penggunaan variasi berat roller dan pegas cvt terhadap performa mesin pada motor 4 tak 110 cc. 1(1), 314–321.

Wismantarayasa, I. W., Studi, P., Teknik, P., Industri, J. T., Teknik, F., Kejuruan, D. A. N., & Ganesha, U. P. (2023). PRIMARY PULLEY TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR DENGAN SISTEM TRANSMISI.

Jaya, F. H., Fatah, K. M. A., Sang, U., Ruwa, B., Motor, P. S., & Taguchi, M. (2023). Terhadap Performa Sepeda Motor Honda Beat Fi Menggunakan Metode Taguchi Pada Guru-Guru Smk. 4(1).

Gergely, S. (2024). Modifikasi Sepeda Motor Honda Beat Karbu 110 cc Menjadi electric vehicle 2 kw. 3(February), 4–6.

Honda, A. (2015). BPR Vario 125 PGM-FI..




DOI: https://doi.org/10.26760/JREM.v4i2.90

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


_______________________________________________________________________________________________________________________

ISSN (elektronik) : 2775-8087

diterbitkan oleh :

Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 11 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215  Fax. 7202892

Surat Elektronik : jurnal.mesin@itenas.ac.id

_________________________________________________________________________________________________________________________

Flag Counter

Lihat Statistik

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License