Persepsi Dasar terhadap Video Game sebagai Aplikasi Pragmatis dan Media Reflektif

Eko Priyantoro

Sari


Apresiasi masyarakat terhadap game kian hari kian bertambah. Saat ini video game mudah ditemukan dimana-mana, seiring dengan perkembangan teknologi antarmuka yanghadir dalam berbagai bentuk. Video game adalah media hiburan yang memiliki berbagai aspek rumit mulai dari produk niaga,teknologi, desain, seni, gejala sosial dan lainnya.Pada sejarah awal mula perkembangan video game, desain visual tidak memiliki kekayaan bentuk karena keterbatasan kapasitas teknologi. Eksplorasi bentuk visual dari video game hanya terpusat pada kemasan produk untuk setiap judul game. Beberapa dekade terakhir, teknologi informasi dan komunikasi melaju dengan pesat mendongkrak perkembangan video game. Fungsi video game bukan lagi sebagai alat hiburan eksklusif, namun juga bisa dinikmati setiap individu dalam bentuk gawai yang mudah dibawa. Game telah mengalami perubahan makna dari sekedar produk konsumerisme menjadi wacana pendidikan yang memiliki nilai kontemplasi.
Kata kunci: teknologi, desain, seni, video game, eksplorasi, niaga, kontemplasi


ABSTRACT


Nowadays people become appreciate game more. Right now video games are easy to find everywhere, along with the fast growth of interface technology that comes in various forms. Video games is an entertainment media that have complicated various aspects, from a commercial products, technology, design, art, social phenomenon to other matters. At the early history of video game development, video game have a poor graphic because of limited technology capacity. Exploration of the visual form of video games is centered only on product packaging for each game title. Visual exploration of video games only focus on product packaging for each game theme. In the last few decades, information and communications technology has been growing rapidly accelerate of video game development. The function of video games is no longer as an exclusive entertainment tool, but can also be enjoyed by each individual in the form of portable devices. Game have a transformation meaning from merely consumerism product to educational discourse that has a value of contemplation.
Keywords: technology, design, art, video game, exploration, commercial, contemplation


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.