Kajian Pengaruh Adat Istiadat, Religi, dan Alam Pada Bangunan Adat, Lembah Kuta Ciamis

Dewi Parliana, Aras Kasiwi, Siddiq Aria, Asih Drajati, Ezar Febian

Sari


Abstrak

Akibat perkembangan zaman yang semakin pesat menyebabkan semakin canggih pembangunan dan material yang digunakan pada bangunan Arsitektur Vernakular di Indonesia khususnya di Kampung Kuta Ciamis.Selain itu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi bangunan adat salah satunya faktor adat istiadat, religi dan alam. Faktor tersebut berpengaruh besar pada bagian rumah seperti pada bentuk bangunan, ruang dalam dan struktur, dimana faktor ini telah menjadi tradisi secara turun temurun yang selalu dipertahankan.Oleh sebab itu, dalam kajian ini dilakukan pengamatan padabangunan adatyang bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dan mendominasipada bangunantersebut.Adapun metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metodaEksploratif dan Kualitatif Deskriptif dengan menggunakan metode sekoring pada analisisnya.Faktor adat istiadat sangat berpengaruh pada bentuk bangunan, ruang dalam, dan struktur.Dengan demikian faktor yang paling dominan pada bangunan Kampung Adat Kuta adalah faktor adat istiadat.Terlihat dari hasil yang didapat dari penelitianbangunan adat di Kampung Kuta merupakan bangunan tradisional yang masih mempunyai nilai Arsitektur Vernakular yang masih mempertahankan adat istiadat setempat.

 

Kata kunci:Arsitektur Vernakular, Kampung Kuta, Ciamis,Bangunan Adat, Adat Istiadat, Religi, Alam, Bentuk Masa, Ruang Dalam dan Struktur

Abstract

Impact ofdevelopment period, building and material grown sophisticated that is in use for building Vernacular Architecture in Indonesian, particulary at theKampung Kuta Ciamis. Furthermore, there is certain factors that affect the building such as custom, religion and nature. That factors have effected form, space and structure. Whichthis Factors have been tradition for generation were maintained. Therefore, in this study has been observe for building to find out the factors dominant. Used esplorative,qualitative descriptive methodwith motode scoring.With this metode, the result is costume factor has effected for form, space and structure. In this study, the conclution is costume factor is the major factor at house of Kampung Adat Kuta. Seen from the result obtained from research traditional building of Kampung Kuta, still have Vernacular Architectural value.

Keyword :Vernacular Architecture, Kampung Kuta, Ciamis, Custom, Religion, Nature, Form, Space and Structure

Teks Lengkap:

PDF-Vol2-No4-3


DOI: https://doi.org/10.26760/rekakarsa.v2i4.602

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN elektronik 2338-6592

Diterbitkan oleh :
Program Studi Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain,
Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151) Fax. 7202892
Email : rekakarsa@itenas.ac.id


Terindeks :

  


Didukung Oleh :

  


Kerja Sama :

aptari  IAI-Jawa Barat



Jurnal ini terlisensi oleh  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License