Kajian Ekspresi Bangunan Eiger Adventure Store Jl. Sumatera Bandung Ditinjau Dari Eksterior Dan Interior Bangunan

Irfan Afriandi, Hafiz Hafiz, Faliq Gharizi

Sari


ABSTRAK

Dalam mendesain sebuah bangunan, desain eksterior dan interior bangunan tersebut memiliki peranan yang sangat penting. Desain eksterior dan interior dari sebuah bangunan dapat memperlihatkan suatu ekspresi yang ingin disampaikan oleh bangunan tersebut. Yang tidak terlepas dari tampilannya. Sehingga sebuah bangunan yang didalamnya berfungsi sebagai bangunan perbelanjaan, misalnya seharusnya dapat mengekspresikan suatu hal yang berhubungan dengan barang yang akan dijual.

Bangunan yang dijadikan bahan kajian dalam penulisan karya tulis ini adalah bangunan Eiger Adventure Store yang terletak di Jl. Sumatera, Bandung. Bangunan ini dipilih karena ekspresi yang ingin dimunculkan bangunan ini sesuai dengan produk yang mereka jual yang merupakan barang atau benda-benda yang berhubungan dengan petualangan. Dengan kata lain ekspresi yang ingin dimunculkan bangunan ini adalah berkaitan dengan adventure (petualangan). Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan atap tenda yang memberi arti  sebuah gunung yaitu gunung Eiger Swiss, serta penggunaan material alam seperti kayu dan batu yang sangat dominan pada fasade bangunan ini.

Kata Kunci: Perancangan Arsitektur, Desain Eksterior, Desain Interior, Ekspresi Bangunan

ABSTRACT

In designing a building, exterior and interior design have a very important role. Exterior and interior design of a building can show an expression to be conveyed by the building. Expression of the building design which is conveyed cannot be separated from the exterior and interior of the building itself. A building, such as mall building, should be able to express the things associated with the items to be sold.

The building used as study material in this paper is “Eiger Adventure Store†building which is located at Jl Sumatra, Bandung. This building was chosen by considering the fact that the expression of this building appears to match the products they are selling which are every objects associated with adventure. In other words, an expression that is tried to deliver by this building is related to an adventure. It can be seen from the use of the tent roof that gives the sense of a mountain, which depicts Mount Eiger in Switzerland. And also, the use of natural materials such as wood and stone is very dominant in this building façade.


Keywords: Architectural Design, Exterior Design, Interior Design, Building Expression


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26760/rekakarsa.v1i2.271

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN elektronik 2338-6592

Diterbitkan oleh :
Program Studi Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain,
Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151) Fax. 7202892
Email : rekakarsa@itenas.ac.id


Terindeks :

  


Didukung Oleh :

  


Kerja Sama :

aptari  IAI-Jawa Barat



Jurnal ini terlisensi oleh  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License