Evaluasi Tingkat Stres Masinis Berdasarkan Aktivitas Salivary α Amylase (Studi Kasus di PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung)

SYAFAAT SUGIATMAJAYA, Caecilia Sri Wahyuning, Yuniar Yuniar

Sari


Masinis adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengemudikan atau menjalankan kereta api. Seorang masinis dituntut untuk selalu fokus dalam menjalankan tugasnya. Ketika pekerjaan tersebut melebihi kemampuannya dalam berkonsentrasi, dikhawatirkan pekerjaan tersebut akan menimbulkan stres pada masinisnya. Maka penelitian ini akan melakukan pengukuran stres masinis kereta api daerah operasi 2 Bandung menggunakan enzim amilase pada air liur. Hasil dari penelitian ini adalah cocoro meter yang dapat dengan mudah mengidentifikasi nilai stres dari enzim amilase pada masinis yang kemudian disesuaikan dengan rekaman kejadian selama penelitian berlangsung.

 

Kata kunci: Masinis, Stres, Enzim Amilase, Cocoro Meter

ABSTRACT

Machinist is the person responsible for driving a train. A machinist is required to always focus in performing their duties. When such work exceeds their ability to concentrate, feared the work would cause stress on the driver. This research will take measurements of machinist stress at operating area 2 Bandung using salivary α amylase activity. The results of this study are cocoro meter can easily identify the value of the stress of the enzyme amylase on the machinist who then adapted to record events during the study.

Keywords: Machinist, Stress, Salivary α Amylase, Cocoro Meter


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.