Strategi Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Berdasarkan Variabel-Variabel Yang Mempengaruhinya

NISYA ALDILLA HARIZA PUTRI, Arie Desrianty, Yuniar Yuniar

Sari


Prestasi akademik dipengaruhi faktor pada tahap pra perkuliahan serta faktor pada tahap perkuliahan. Objek penelitian dilakukan pada mahasiswa S1 jurusan Teknik Industri Itenas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan usulan peningkatan hasil prestasi akademik berdasarkan variabel-variabel yang berpengaruh. Metode yang digunakan adalah Structural Equational Modeling (SEM) yang merupakan metode yang terdiri atas analisis jalur, analisis faktor, dan regresi berganda. Metode SEM digunakan untuk menentukan variabel mana yang memiliki pengaruh terbesar terhadap prestasi akademik. Berdasarkan hasil pengolahan data, variabel yang memiliki pengaruh terbesar terhadap prestasi akademik adalah motivasi siswa, dukungan keluarga, hubungan dengan rekan atau teman kampus (kerjasama), pembelajaran aktif, umpan balik yang cepat dan tepat serta menghargai keragaman cara belajar. Strategi peningkatan yang dapat dilakukan adalah menggunakan kombinasi cara ajar untuk setiap gaya belajar, menerapkan pembelajaran aktif, serta mendorong mahasiswa secara kontinu untuk meningkatkan motivasi berprestasi.

Kata kunci: Prestasi Akademik, IPK, Structural Equational Modeling

 

ABSTRACT

Academic achievement is influenced by the stage of pre- college’s factors and the stage of the course’s factors. The research object conducted on students Industrial Engineering Itenas. This research’s aims to produce strategy improvement student’s academic achievement results based on variables that contributing. This research using a structural equational modeling (SEM) method that consists of path analysis, factor analysis, and multiple regression. SEM method is used to determine which variables have the greatest influence on academic achievement. Based on data’s processing, The variables that have the greatest influence on students' academic achievement is motivation, family support, relationships with colleagues or college friends (cooperation), active learning, prompt feedback and precise and appreciate the diversity of learning styles. Improvement strategies that can be done is using a combination of teaching method for each learning style, applying active learning, and encourage students to continuously improve achievement motivation.

Keyword: Academic Achievement, GPA, Structural Equational Modeling


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.