USULAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN PRODUK TAS CARRIER JAYAGIRI OUTDOORS VANGUARD

Afdal Afdal, Hendang Setyo Rukmi, Yuniar Yuniar

Sari


Salah satu pelopor pembuat produk outdoors di Indonesia adalah Jayagiri. Selain Jayagiri dikenal juga merek lain yaitu Alpina, Eiger, REI, dan Consina. Produk pesaing tersebut cukup diminati sehingga turut mempengaruhi tingkat penjualan produk outdoors Jayagiri khususnya tas carrier. Sebagai pelopor Jayagiri berkeinginan untuk menjadi pemimpin pasar. Oleh karena itu, untuk memenangkan persaingan perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan persepsi (pandangan) dan preferensi (kecenderungan) konsumen dengan menggunakan metode Multidimensional Scalling. Multidimensional Scalling adalah suatu metode untuk memetakan sejumlah objek penelitian dalam suatu ruang multidimensi sedemikian rupa sehingga hubungan relatif atau jarak antar posisi-posisi penelitian itu menunjukkan tingkat kesamaan/ketidaksamaan. Hasil dari penelitian ini adalah preferensi tingkat kepentingan atribut dan ranking dan persepsi tingkat kesamaan dan usulan strategi pemasaran tas carrier Jayagiri.

Kata Kunci: Persepsi dan Preferensi, Multidimensional Scaling, Strategi Pemasaran

AbstracT One of the pioneers in Indonesia products maker outdoors is Jayagiri. Besides Jayagiri known other brands that Alpina, Eiger, REI, and Consina. The competitor's product is attractive so that affect the level of product sales, especially Jayagiri carrier bag. As a pioneer Jayagiri intends to become the market leader. Therefore, to win the competition companies must apply the right marketing strategy is based on the perception (sight) and preference (tendency) of consumers using Multidimensional Scaling. Multidimensional Scaling is a method for mapping a research object in a multidimensional space such that the relative relationship or the distance between the positions of research that indicates the degree of similarity/dissimilarity. Results from this study is the preference attributes and rank the level of interest and the perception of the degree of similarity and the proposed marketing strategy Jayagiri carrier bag. 

Keywords: Perceptions and Preferences, Multidimensional Scaling, Marketing Strategy


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.