RANCANGAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING BERBASIS OPEN SOURCE MENGGUNAKAN SOFTWARE ODOO PADA LINI BISNIS MODUL SURYA DI PERUSAHAAN ELEKTRONIKA

Noviana Bana Fitrah, Rispianda Rispianda, Gita Permata Liansari

Sari


Makalah ini berisi mengenai Rancangan Implementasi ERP dengan Software Odoo Pada Lini Bisnis Modul Surya Di Perusahaan Elektronika. Implementasi ini diperlukan karena saat ini perusahaan berencana untuk membangun pabrik modul surya baru yang tempatnya berjauhan dengan kantor pusat dan peningkatan pemasaran. Implementasi dilakukan pada prosedur penjualan, produksi, pembelian dan pengeluaran bahan baku. Modul Odoo yang digunakan adalah sales, purchase, manufacturing, warehouse, dan website. Proses perancangan sistem dilakukan dengan business reengineering yaitu  proses addition, elimination, simplification, automation dan integration. Implementasi ERP yang dilakukan oleh software Odoo menjadikan perpindahan informasi antara entitas dan prosedur menjadi lebih cepat dan real time.

Kata kunci: Perancangan, Implementasi, ERP, Odoo, Proses Bisnis

ABSTRACT

This paper contains the design Implementation of ERP with Software Odoo In Business Line Solar Modules at Perusahaan Elektronika. This implementation is necessary because currently the company is planning to build a new solar module factory that place apart with head office and increased marketing. Implementation of procedures performed on the sales, production, purchasing and raw material expenses. Odoo modules used are sales, purchase, manufacturing, warehouse, and websites. System design process is carried out with business process reengineering addition, elimination, simplification, automation and integration. ERP implementation is done by the software Odoo make the transfer of information between the entity and the procedure becomes faster and in real time.

Keywords: Design, Implementation, ERP, Odoo, Bussiness Process


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.