RUMUSAN STRATEGI PERUSAHAAN PT. PINDAD (PERSERO) UNTUK BISNIS E-CLIP DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI

Syarah Rizkia Feriaty, Yuniar Yuniar, Ratna Puspitaningsih

Sari


Makalah ini membahas rumusan strategi untuk produk e-clip PT. Pindad (Persero). Adanya kebijakan revitalisasi perkeretaapian yang berdampak pada peningkatan permintaan produk e-clip, menuntut pihak perusahaan untuk tetap dapat bersaing dalam industri. Metode yang digunakan untuk merumuskan strategi perusahaan diantaranya Analisis General Electric (GE) dan Analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT). Tahap-tahap yang dilakukan diantaranya identifikasi data eksternal menggunakan pendekatan Five Force’s Michael Porter, lalu identifikasi data internal perusahaan menggunakan pendekatan Value Chain. Kemudian menyusun Matriks EFAS dan Matriks IFAS, setelah itu langkah berikutnya adalah menyusun Matriks QSPM. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi dominasi pangsa pasar dan ekspansi pangsa pasar.

 

Kata Kunci: Analisis GE, Analisis SWOT, Five Force’s Michael Porter, Value Chain, Matriks EFAS, Matriks IFAS, Matriks QSPM

 

ABSTRACT

This paper discusses about the formulation strategy for e-clip product. Because of government revitalization policy that impact to improving e-clip demand, exact the company to remain competitive in the industry. The method which used to formulate strategy are General Electric Analysis (GE) and Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats Analysis (SWOT). The stages are external data identification with Five Force’s Michael Porter approach, then internal data identification with Value Chain approach. Thereafter arrange EFAS Matrix and IFAS Matrix, next step is arrange QSPM Matrix. The result from this research are market share dominance and market share expansion strategy.

Keywords: GE Analysis, SWOT Analysis, Five Force’s Michael Porter, Value Chain, EFAS Matrix, IFAS Matrix, QSPM Matrix


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.