Petunjuk Penulis

PETUNJUK PENULISAN NASKAH

Jurnal Elkomika merupakan jurnal yang sepenuhnya diperiksa oleh Redaksi Ahli yang berkompeten di bidangnya masing – masing. Redaksi menerima artikel ilmiah berupa hasil penelitian, gagasan, dan konsepsi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Artikel Jurnal Elkomika dalam versi cetak telah dapat diunduh pada http://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/elkomika. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal  dapat diunduh disini. Pedoman tersebut dapat langsung digunakan tanpa pengaturan ulang oleh penulis, dengan format sebagi berikut :


Petunjuk Penulisan Artikel Jurnal Elkomika Institut Teknologi Nasional Bandung

 Nama Penulis 11, Nama Penulis 22, Nama Penulis 33

1Afiliasi Penulis 1 (institusi asal penulis 1)

2Afiliasi Penulis 2 (institusi asal penulis 2)

3Afiliasi Penulis 2 (institusi asal penulis 3)

Email (penulis 1 saja): arsyad@itenas.ac.id

 

Abstrak

Jurnal Elkomika Institut Teknologi Nasional Bandung memiliki fokus pada  bidang kajian ilmiah Energi Elektrik, Telekomunikasi, dan Elektronika. Untuk memudahkan proses penyuntingan, para penulis disarankan untuk mengikuti petunjuk penulisan artikel ini secara keseluruhan. Format dan syle yang terdapat dalam file ini sudah sesuai dengan spesifikasi yang tertulis dalam petunjuk penulisan, sehingga file ini dapat digunakan sebagai template. Jumlah halaman penulisan adalah antara 10 sampai 20 halaman, termasuk di dalamnya gambar, tabel, daftar rujukan, dan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Artikel diserahkan kepada pengelola Jurnal Online berupa softcopy dalam format MS Word (.doc atau .docx) yang diunggah melalui email : jte.itenas.@itenas.ac.id. Artikel dalam bentuk hardcopy juga dapat diterima untuk penyerahan pertama, namun penulis harus menyerahkan artikel dalam bentuk softcopy jika artikel dinyatakan diterima untuk dimuat dalam Jurnal.

Kata kunci: petunjuk penulisan, template dokumen, format, style.

Abstract

The Elkomika Journal of  Institut Teknologi Nasional Bandung which contribute to the advance of knowledge Power, Telecommunication, and Electronic. To comply to the formatting used by the Journal, authors who wish to submit paper to one of the Journal are strongly recommended to use this file as the template for their papers. In this file, authors will find all styles and formatting acceptable for paper submission. Each paper should be between 10 to 20 pages in all, including illustrations, tables, list of references, and abstracts in Bahasa Indonesia and English. Authors are encouraged to submit paper in MS Word format (.doc or .docx) via email jte.itenas.@itenas.ac.id.. Hardcopy is acceptable for first submission, but softcopy is required for further editing once the paper is considered for publication by the Journal.

Keywords: author’s guideline, document’s template, format, style.

 

1. PENDAHULUAN

Dengan tujuan untuk menjaga kualitas penampilan artikel di dalam jurnal, para penulis diharuskan memperhatikan dengan seksama seluruh ketentuan yang dijelaskan di bawah ini. Mohon diperhatikan bahwa format artikel akan diperiksa terlebih dahulu oleh Redaksi Pelaksana, sebelum diserahkan kepada Mitra Bestari yang sesuai. Dewan Redaksi akan mengembalikan artikel yang dikirimkan namun menyimpang jauh dari ketentuan penulisan ini, sebelum diperiksakan kepada Mitra Bestari. Keputusan Mitra Bestari mengenai kelayakan artikel untuk dimuat dalam jurnal bersifat mutlak dan sepenuhnya menjadi hak Jurnal. Review oleh Mitra Bestari dilakukan secara anonim, yaitu kedua belah pihak tidak saling mengetahui. Jika dibutuhkan, penulis selalu dapat berkonsultasi dengan Dewan Redaksi mengenai pemuatan artikel dalam jurnal. (Meier, 2015)

2. FORMAT UMUM

2.1 Tampilan

Badan dari artikel harus tersusun dalam satu kolom. Dokumen ini dipersiapkan dalam format yang harus digunakan oleh setiap penulis dalam artikelnya. Untuk menjaga mutu penampilan jurnal, setiap artikel yang dikirim harus sesuai dengan spesifikasi berikut ini:

  1. Ukuran kertas A4 (21 cm x 29,7 cm)
  2. Pada halaman ke 1, margin atas (jarak antara ujung atas kertas terhadap bagian atas dari baris pertama dari judul) sebesar 4,0 cm. Sedangkan pada halaman ke 2 dan seterusnya, margin atas sebesar 3,0 cm.
  3. Margin kiri, bawah dan kanan untuk seluruh halaman artikel adalah sebesar 2,5 cm.
  4. Jarak Header dari tepi kertas sebesar 1,5 cm, sedangkan untuk Footer 2 cm.
  5. Jumlah halaman untuk setiap artikel adalah ANTARA 10-20 HALAMAN
  6. File petunjuk penulisan ini sudah menggunakan aturan dan format penulisan baku yang disarankan, sehingga bisa langsung dijadikan template.

 

2.2  Ketentuan untuk huruf dan paragraf

Font yang digunakan adalah Tahoma untuk semua style. Ukuran huruf yang harus digunakan dalam artikel adalah 18 point bold (untuk judul), 12 point (untuk nama penulis, afiliasi, dan alamat email), 11 point italic (untuk abstrak dan kata kunci), 11 point (untuk badan tulisan dan judul bagian maupun subbagian), serta 10 point (untuk headers dan footers). Rumus-rumus matematika harus berupa Equation berukuran 11 point (menu tab Insert Equation), dengan ukuran subscripts and superscripts yang sedikit lebih kecil (9 point).

Judul ditulis di tengah (centered) bagian atas pada halaman pertama. Nama penulis (tanpa gelar) diletakkan di bawah judul, dilanjutkan dengan afiliasi dan alamat email penulis pertama, semua ditempatkan di tengah (centered).

Judul Abstrak harus ditulis di tengah (centered) setelah identitas penulis, dengan ukuran 11 point miring (italic), serta ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak ditulis rata kiri kanan dengan margin kiri dan kanan sebesar 3,5 cm (menjorok 1 cm dari margin halaman). Abstrak berbahasa Inggris ditulis setelah abstrak berbahasa Indonesia. Jumlah kata maksimum dalam setiap abstrak adalah maksimum 200 kata. Kata kunci dicantumkan setelah abstrak, berjumlah antara  3 sampai 5 (lima) buah kata kunci yang ditulis dengan ukuran huruf 11 point miring (italic), untuk menunjukkan subyek permasalahan artikel anda, sekaligus untuk keperluan pengindeksan.

Perlu diperhatikan bahwa tata cara penulisan paragraf yang diberlakukan adalah cara lurus, sehingga awal paragraf tidak diletakkan menjorok ke dalam. Beri jarak 1 spasi (12 point) antar paragraf. Perhatikan juga ketentuan penulisan paragraf yang baik, antara lain jumlah kalimat dalam setiap paragraf, adanya kalimat utama, satu paragraf mengandung hanya satu gagasan utama, dan ketentuan baku lainnya.

2.4 Penulisan Judul

Judul Artikel: Judul artikel harus ditulis dengan huruf kapital pada setiap awal kata, kecuali untuk kata sambung. Judul yang lebih dari dua baris disusun membentuk piramida terbalik. Pada halaman pertama dari petunjuk penulisan ini terdapat contoh penulisan yang dikehendaki.

Judul Bagian: Judul bagian harus ditulis seluruhnya dengan huruf kapital dalam jenis bold tanpa garis bawah, dan diletakkan di tengah (centered), dan diberi nomor dengan angka arab (biasa).

Judul Subbagian: Judul subbagian harus ditulis dalam jenis bold, lower case dengan huruf kapital di awal kata, dan diletakkan tanpa indent (tidak menjorok). Subbagian diberi nomor yang diawali oleh nomor bagian.

Judul Sub-subbagian: Sub-subbagian ditulis dalam jenis bold, dengan diberi nomor berurut yang diawali oleh nomor subbagian. Judul Sub-subbagian diletakkan tanpa indent (tidak menjorok). Meskipun Jurnal ini mengatur format Judul Sub-subbagian, sedapat mungkin sub-subbagian ini dihindari penggunaannya. Tidak direkomendasikan adanya heading yang lebih rendah daripada Judul Sub-subbagian.

Judul Gambar/Tabel: Judul gambar/tabel ditulis dengan font ukuran 10 point, bold, lower case dengan huruf kapital di awal kata, dan semuanya diletakkan di tengah. Gambar diberi nomor secara berurut, demikian juga dengan Tabel. Judul gambar diletakkan di bawah gambar, sedangkan judul tabel diletakkan di atas tabel. Judul gambar/tabel yang lebih dari satu baris dituliskan seperti piramida terbalik.

2.5 Penulisan Header dan Footer 

Format untuk semua header dan footer dalam template ini dapat langsung digunakan. Khusus untuk Header halaman pertama dan Footer semua halaman.

Header halaman pertama: Header pada halaman pertama terdiri dari judul jurnal, tanda copyright Jurnal, dan nomor Jurnal yang akan dimutakhirkan oleh Redaksi. Header tersebut ditulis dengan huruf Tahoma berukuran 10 point.

Header pada nomor halaman genap: Header pada nomor halaman genap terdiri dari nama-nama belakang penulis artikel, dalam huruf Tahoma berukuran 10 point ditulis di tengah (centered). Jika artikel ditulis oleh lebih dari 3 orang, maka hanya tuliskan nama belakang penulis pertama saja, diimbuhi dengan kata dkk. sesudahnya.

Header pada nomor halaman ganjil: Header pada nomor halaman ganjil terdiri dari judul artikel dalam lower case dengan huruf kapital di awal kata, huruf Tahoma berukuran 10 point, yang ditulis di tengah (centered).

Footer: Seluruh halaman dalam artikel mempunyai bentuk footer yang sama. Footer terdiri dari tulisan “[Nama Jurnal]” diikuti dengan garis penghubung (dash) dan nomor halaman yang dimulai dengan angka 1 pada halaman pertama dalam huruf Tahoma berukuran 10 point. Nomor halaman akan dimutakhirkan oleh Redaksi pada saat dimuat.

2.6 Penulisan sumber dan Daftar Rujukan

Kehati-hatian dalam penulisan sumber dan Daftar Rujukan merupakan satu keharusan agar penulis dapat terhindar dari plagiarisme. Untuk itu, penulis dianjurkan untuk mengikuti secara ketat ketentuan penulisan sumber dan Daftar Rujukan dalam panduan ini. Penulis artikel bertanggungjawab sepenuhnya atas penulisan rujukan, sumber rujukan, dan Daftar Rujukan. Semua sumber yang dicantum dalam Daftar Rujukan harus dirujuk dalam badan tulisan, dan hanya pustaka yang dirujuk di dalam tulisan yang dicantumkan dalam Daftar Rujukan (References, bukan Bibliography).

Sumber dituliskan dengan mengikuti tatacara (style) yang dikeluarkan oleh APA, yaitu dengan mencantumkan nama belakang penulis sumber yang dirujuk, diikuti dengan angka tahun. Daftar Rujukan juga ditulis dengan mengikuti tata cara urutan kemunculan pertama sampai terakhir. Daftar Rujukan ditulis terakhir setelah Endnote (jika ada). Contoh penulisan Daftar Rujukan dapat dilihat pada bagian terakhir petunjuk ini.

2.7 Gambar

Hanya gambar yang memiliki relevansi secara langsung dengan paparan yang boleh dicantumkan dalam artikel. Gambar diletakkan di tengah, di tempat yang paling relevan dengan kalimat yang merujuknya dalam artikel. Setiap gambar (foto, grafik, dan diagram) dalam artikel harus dilengkapi dengan keterangan/judul gambar dan nomor gambar berurutan, ditulis di bawah gambar pada posisi tengah dengan font ukuran 10 pt bold. Misalnya: “Gambar 1. Trend ASFR di Afrika”. Gambar harus relevan secara langsung dengan artikel, dan selalu dirujuk dalam artikel (disebut sebagai “Gambar 1”). Penulis bertanggungjawab sepenuhnya terhadap kualitas gambar yang dicantumkan. Jurnal dapat menerima gambar berwarna, namun tidak akan melakukan koreksi apapun terhadap kualitasnya. Semua gambar sebaiknya dikompres sehingga memiliki resolusi maksimum 220 dpi, dan hapus selalu bagian yang di-crop. Jika gambar diambil dari sumber lain, selalu cantumkan sumber dari mana gambar tersebut diambil sebagai bagian dari judul gambar. Redaksi dapat menyesuaikan ukuran dan resolusi gambar jika dibutuhkan.

 

Gambar 1. Trend ASFR Afrika (Poston, 2010)

 

2.8 Tabel

Hanya tabel yang memiliki relevansi langsung dengan paparan yang boleh dicantumkan dalam artikel. Tabel diletakkan di tengah, di tempat yang paling relevan dengan kalimat yang merujuknya dalam artikel. Setiap tabel harus mempunyai judul dan nomor tabel berurutan, ditulis di atas setiap tabel pada posisi tengah dengan font tulisan serupa dengan gambar, seperti “Tabel 1. Perbandingan Jumlah Penduduk per Kecamatan Tahun 2010”. Tabel dirujuk dalam artikel sebagai “Tabel 1”. Ukuran huruf untuk isi tabel disesuaikan dengan kebutuhan, dengan memperhatikan keterbacaan. Jika sangat dibutuhkan, jenis huruf pun bisa disesuaikan dengan huruf yang lebih ramping seperti misalnya Arial Narrow.

Tabel 1. Perbandingan Jumlah Penduduk Per Kecamatan Tahun 2010

Kepala tabel kolom 1

Kepala tabel kolom 2

Kepala tabel kolom 3

Kepala tabel kolom 4

Isi 11

Isi 12

Isi 13

Isi 14

Isi 21

Isi 22

Isi 23

Isi 24

3. FORMAT ISI

Paparan dalam artikel dituliskan sesuai dengan kaidah penulisan artikel ilmiah yang baik. Pada dasarnya, artikel terdiri dari bagian pendahuluan, metodologi, isi (hasil penelitian dan analisis/pembahasan), kesimpulan, dan daftar rujukan. Jika sangat dibutuhkan, penulis dapat mencantumkan endnote, tapi tidak boleh mencantumkan footnote.[1]

Standar penulisan badan tulisan juga merujuk kepada penulisan artikel ilmiah yang baik. Sedapat mungkin poin pemikiran penulis dituangkan dalam bentuk paragraf, dan bukan dengan penulisan enumerasi menggunakan nomor. Penggunaan bullet sama sekali tidak dianjurkan. Jika tulisan dengan bullet membentuk kalimat lengkap, maka tuliskan saja sebagai kalimat dalam paragraf. Jika hanya berupa frasa, maka tuliskan sebagai bagian dari sebuah kalimat yang lengkap. Jika sangat dibutuhkan, beri nomor urut dalam tanda kurung untuk menandai, dan dipisahkan dengan tanda titik koma.

4. KESIMPULAN

Penulisan isi kesimpulan menggunakan huruf dan gaya paragraf yang sama dengan bagian lainnya. Perlu diperhatikan agar penulisan kesimpulan menghindari penggunaan bullet atau nomor. Untuk menghindari kesalahan penulisan artikel, disarankan untuk langsung menggunakan dokumen ini sebagai pedoman penulisan dengan menghapus isi petunjuk penulisan ini dan menyimpan sesuai dengan nama file yang diminta.

UCAPAN TERIMA KASIH

Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada suatu instansi jika penelitian ini didanai atau mendapat dukungan oleh instansi tersebut, atau jika ada pihak yang secara signifikan membantu langsung penelitian atau penulisan artikel ini. Jika pihak tersebut sudah tercantum sebagai penulis, maka tidak perlu disebut lagi dalam Ucapan Terima Kasih ini.

DAFTAR RUJUKAN

 Rujukan Buku:

 Meier, R. (2012). Professional AndroidTM 4 Application Development. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc. 

 Bohmer, M. (2012). Beginning Android ADK with Arduino. New York: Apress. 

 Rujukan Jurnal:

 Atzori, L., & Andreas (2002). Performance Analysis of Fractal Modulation Transmission Over Fast-Fading Wireless Channels. Journal IEEE Transactions On Broadcasting. 48(2): 103-110.

 Darlis, A., Lidyawati, L., & Nataliana, D. (2016). Implementasi Visible Light Communication (VLC) Pada Sistem Komunikasi. Jurnal Elkomika. 1(1): 13-25.  

 Rujukan Prosiding:

 Zeng, G., & Qiu, Z. (2008). Audio Watermarking in DCT. International Conference on

     Signal Processing (pp. 2193-2196). 

 Rujukan Online :

 Mac Leod, D. (1992). Post-Modernism and Urban Planning. Dipetik pada 25 Juni 2010 dari http://www3.sympatico.ca/david.macleod/POMO.HTM.


Catatan : Seluruh daftar rujukan diatas harus terujuk di dalam artikel dengan contoh

…..…Pada tahun 2012, penelitian yang dilakukan oleh Meier (Meier ,2012) dan timnya, mencoba untuk mengirimkan data dengan kecepatan tinggi……

 


Contoh artikel jurnal dapat dilihat di ejurnal.itenas.ac.id/index.php/elkomika

 

PETUNJUK UMUM UNTUK PENULIS

Sebagai bagian dari proses penyerahan, penulis harap memperhatikan beberapa ketentuan dibawah ini :

  1. Naskah belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulisan Naskah.

 

Penyerahan Naskah

  1. Naskah dimasukkan sebanyak 1 berkas artikel berupa softcopy yang diunggah melalui email ke jte.itenas@itenas.ac.id atau menggunakan Open Jurnal System (OJS). Artikel dalam bentuk hardcopy juga dapat diterima untuk penyerahan pertama, namun penulis harus menyerahkan artikel dalam bentuk softcopy jika artikel dinyatakan diterima untuk dimuat dalam Jurnal. Penulis dapat mengunduh template Jurnal Elkomika di sini yang sudah dirancang untuk mempermudah penulis dalam menyesuaikan naskahnya, sehingga diharapkan penulis hanya menyalin konten dari naskah ke template.
  2. Naskah tulisan harus asli, belum pernah dimuat di media lain, atau tidak sedang dalam proses untuk dimuat di media lain. Untuk naskah yang pernah disampaikan dalam ceramah/seminar/diskusi harap disebutkan dalam catatan pada halaman pertama.
  3. Seluruh naskah yang masuk ke redaksi akan diperiksa oleh Redaksi Ahli sesuai dengan bidang kajian naskah. Aspek yang diperiksa menyangkut kesahihan informasi, kontribusi substantif terhadap bidang kajian, serta kejelasan dan kualitas presentasi naskah.
  4. Naskah yang disajikan tidak sesuai dengan ketentuan jurnal akan dikembalikan.

Ketentuan Naskah

  1. Naskah diketik dengan menggunakan komputer dalam format MS Word, dengan kertas berukuran A4,  dan berjarak 1 spasi. Font yang digunakan adalah Tahoma untuk semua style dengan ukuran 11. Jumlah halaman penulisan adalah antara 10 – 20 halaman, disertai abstrak (maksimum 160 kata) dan kata kunci (5 - 6 kata) dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia dengan menggunakan huruf miring. Naskah diberi nomor halaman.
  2. Naskah tulisan dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris. Bila menggunakan bahasa Indonesia diharapkan memperhatikan pedoman dan istilah yang telah dibakukan. Bila terpaksa menggunakan istilah asing, hendaknya digunakan huruf miring pada kata tersebut.
  3. Naskah disusun dengan urutan : Judul, nama penulis (tanpa gelar), instansi tempat bekerja, dan alamat email, abstrak dan kata kunci (Indonesia dan inggris), pendahuluan, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, dan daftar rujukan. Jika penulis lebih dari satu orang, nama penulis dicantumkan berurutan ke samping, dengan nama penulis utama dicantumkan paling awal.
  4. Naskah dapat dilengkapi dengan tabel, grafik, gambar, dan foto dalam format hitam-putih dengan ukuran 10. Tabel, grafik, gambar, dan foto harus diberi judul yang singkat dan jelas, dan masing-masing diberi nomor urut yang sesuai pada isi naskah.
  5. Redaksi berhak memperbaiki tata bahasa dari naskah yang akan dimuat tanpa mengubah maksud isinya.
  6. Daftar rujukan berisi hanya yang dirujuk dalam tulisan saja. Rujukan dalam daftar rujukan diurutkan berdasarkan urutan kemunculannya dalam artikel, dengan tata cara penulisan sebagai berikut :

Rujukan Buku:

 Meier, R. (2012). Professional AndroidTM 4 Application Development. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc. 

 Bohmer, M. (2012). Beginning Android ADK with Arduino. New York: Apress. 

 Rujukan Jurnal:

 Atzori, L., & Andreas (2002). Performance Analysis of Fractal Modulation Transmission Over Fast-Fading Wireless Channels. Journal IEEE Transactions On Broadcasting. 48(2): 103-110.

 Darlis, A., Lidyawati, L., & Nataliana, D. (2016). Implementasi Visible Light Communication (VLC) Pada Sistem Komunikasi. Jurnal Elkomika. 1(1): 13-25.  

 Rujukan Prosiding:

 Zeng, G., & Qiu, Z. (2008). Audio Watermarking in DCT. International Conference on

     Signal Processing (pp. 2193-2196). 

 Rujukan Online :

 Mac Leod, D. (1992). Post-Modernism and Urban Planning. Dipetik pada 25 Juni 2010 dari http://www3.sympatico.ca/david.macleod/POMO.HTM.

 

PEMBERITAHUAN HAK CIPTA

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:


  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.

  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.

  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara  online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya kutipan yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Langkah - langkah yang menunjukan proses penerbitan naskah sampai terpublikasi dapat diunduh disini.

Petunjuk Penulisan Artikel Jurnal ELKOMIKA

Institut Teknologi Nasional

 

Nama Penulis 11, Nama Penulis 22, Nama Penulis 33

1Afiliasi Penulis 1 (institusi asal penulis 1)

2Afiliasi Penulis 2 (institusi asal penulis 2)

3Afiliasi Penulis 2 (institusi asal penulis 3)

Email (penulis 1 saja): arsyad@itenas.ac.id

 

Abstrak

Jurnal ELKOMIKA Institut Teknologi Nasional Bandung memiliki fokus pada  bidang kajian ilmiah Energi Elektrik, Telekomunikasi, dan Elektronika. Untuk memudahkan proses penyuntingan, para penulis disarankan untuk mengikuti petunjuk penulisan artikel ini secara keseluruhan. Format dan syle yang terdapat dalam file ini sudah sesuai dengan spesifikasi yang tertulis dalam petunjuk penulisan, sehingga file ini dapat digunakan sebagai template. Jumlah halaman penulisan adalah antara 10 sampai 20 halaman, termasuk di dalamnya gambar, tabel, daftar rujukan, dan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Artikel diserahkan kepada pengelola Jurnal Online berupa softcopy dalam format MS Word (.doc atau .docx) yang diunggah melalui email: jte.itenas.@itenas.ac.id. Artikel dalam bentuk hardcopy juga dapat diterima untuk penyerahan pertama, namun penulis harus menyerahkan artikel dalam bentuk softcopy jika artikel dinyatakan diterima untuk dimuat dalam Jurnal.

Kata kunci: petunjuk penulisan, template dokumen, format, style.

 

Abstract

The ELKOMIKA Journal of  Institut Teknologi Nasional Bandung which contribute to the advance of knowledge Power, Telecommunication, and Electronic. To comply to the formatting used by the Journal, authors who wish to submit paper to one of the Journal are strongly recommended to use this file as the template for their papers. In this file, authors will find all styles and formatting acceptable for paper submission. Each paper should be between 10 to 20 pages in all, including illustrations, tables, list of references, and abstracts in Bahasa and English. Authors are encouraged to submit paper in MS Word format (.doc or .docx) via email jte.itenas.@itenas.ac.id.. Hardcopy is acceptable for first submission, but softcopy is required for further editing once the paper is considered for publication by the Journal.

Keywords: author’s guideline, document’s template, format, style.


1. PENDAHULUAN 

Dengan tujuan untuk menjaga kualitas penampilan artikel di dalam jurnal, para penulis diharuskan memperhatikan dengan seksama seluruh ketentuan yang dijelaskan di bawah ini. Mohon diperhatikan bahwa format artikel akan diperiksa terlebih dahulu oleh Redaksi Pelaksana. Dewan Redaksi akan mengembalikan artikel yang dikirimkan namun menyimpang jauh dari ketentuan penulisan ini, sebelum diperiksakan kepada Mitra Bestari (Reviewer/Pakar) yang sesuai dengan bidang keilmuan artikel. Keputusan Mitra Bestari mengenai kelayakan artikel untuk dimuat dalam jurnal bersifat mutlak dan sepenuhnya menjadi hak Jurnal. Review oleh Mitra Bestari dilakukan secara anonim (blind-review), yaitu kedua belah pihak tidak saling mengetahui. Jika dibutuhkan, penulis selalu dapat berkonsultasi dengan Dewan Redaksi mengenai pemuatan artikel dalam jurnal.          (Meier, 2012) 

2. format umum

2.1. Layout 

Badan dari artikel harus tersusun dalam satu kolom. Dokumen ini dipersiapkan dalam format yang harus digunakan oleh setiap penulis dalam artikelnya. Untuk menjaga mutu penampilan jurnal, setiap artikel yang dikirim harus sesuai dengan spesifikasi berikut ini:

a.    Ukuran kertas A4 (21 cm x 29,7 cm)

b.   Pada halaman ke 1, margin atas (jarak antara ujung atas kertas terhadap bagian atas dari baris pertama dari judul) sebesar 4,0 cm. Sedangkan pada halaman ke 2 dan seterusnya, margin atas sebesar 3,0 cm.

c.    Margin kiri, bawah dan kanan untuk seluruh halaman artikel adalah sebesar 2,5 cm.

d.    Jarak Header dari tepi kertas sebesar 1,5 cm, sedangkan untuk Footer 2 cm.

e.    Jumlah halaman untuk setiap artikel adalah ANTARA 10-20 HALAMAN

f.     File petunjuk penulisan ini telah menggunakan aturan dan format penulisan baku yang disarankan, sehingga dapat langsung dijadikan template.

 

2.2.  Ketentuan untuk huruf dan paragraf

Font yang digunakan adalah Tahoma untuk semua style. Ukuran huruf yang harus digunakan dalam artikel adalah 18 point bold (untuk judul), 12 point (untuk nama penulis, afiliasi, dan alamat email), 11 point italic (untuk abstrak dan kata kunci), 11 point (untuk badan tulisan dan judul bagian maupun subbagian), serta 10 point (untuk headers dan footers). Rumus-rumus matematika harus berupa Equation berukuran 11 point (menu tab Insert Equation), dengan ukuran subscripts and superscripts yang sedikit lebih kecil (10 point), seperti yang ditunjukan pada Persamaan (1).

                                     (1)

Judul ditulis di tengah (centered) bagian atas pada halaman pertama. Nama penulis (tanpa gelar) diletakkan di bawah judul, dilanjutkan dengan afiliasi dan alamat email penulis pertama, semua ditempatkan di tengah (centered).

Judul Abstrak harus ditulis di tengah (centered) setelah identitas penulis, dengan isi abstrak berukuran 11 point miring (italic), serta ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak ditulis rata kiri kanan dengan margin kiri dan kanan sebesar 3,5 cm (menjorok 1 cm dari margin halaman). Abstrak berbahasa Inggris ditulis setelah abstrak berbahasa Indonesia. Jumlah kata maksimum dalam setiap abstrak adalah maksimum 160 kata. Kata kunci dicantumkan setelah abstrak, berjumlah antara  3 sampai 5 (lima) buah kata kunci yang ditulis dengan ukuran huruf 11 point miring (italic), untuk menunjukkan subyek permasalahan artikel anda, sekaligus untuk keperluan pengindeksan.

Perlu diperhatikan bahwa tata cara penulisan paragraf yang diberlakukan adalah cara lurus, sehingga awal paragraf tidak diletakkan menjorok ke dalam. Beri jarak 1 spasi (12 point) antar paragraf. Perhatikan juga ketentuan penulisan paragraf yang baik, antara lain jumlah kalimat dalam setiap paragraf, adanya kalimat utama, satu paragraf mengandung hanya satu gagasan utama, dan ketentuan baku lainnya.

2.3.  Penulisan Judul

Judul Artikel: Judul artikel harus ditulis dengan huruf kapital pada setiap awal kata, kecuali untuk kata sambung. Judul yang lebih dari dua baris disusun membentuk piramida terbalik. Pada halaman pertama dari petunjuk penulisan ini terdapat contoh penulisan yang dikehendaki. Jumlah kata pada judul yang disarankan dalam penulisan artikel adalah 12 suku kata.

Judul Bagian: Judul bagian harus ditulis seluruhnya dengan huruf kapital dalam jenis bold tanpa garis bawah, dan diletakkan di tengah (centered), dan diberi nomor dengan angka.

Judul Subbagian: Judul subbagian harus ditulis dalam jenis bold, lower case dengan huruf kapital di awal kata, dan diletakkan tanpa indent (tidak menjorok). Subbagian diberi nomor yang diawali oleh nomor bagian.

Judul Sub-subbagian: Sub-subbagian ditulis dalam jenis bold, dengan diberi nomor berurut yang diawali oleh nomor subbagian. Judul Sub-subbagian diletakkan tanpa indent (tidak menjorok). Meskipun Jurnal ini mengatur format Judul Sub-subbagian, sedapat mungkin sub-subbagian ini dihindari penggunaannya. Tidak direkomendasikan adanya heading yang lebih rendah daripada Judul Sub-subbagian.

Judul Gambar/Tabel: Judul gambar atau tabel ditulis dengan font ukuran 10 point, bold, lower case dengan huruf kapital di awal kata, dan semuanya diletakkan di tengah. Gambar diberi nomor secara berurut, demikian juga dengan Tabel. Judul gambar diletakkan di bawah gambar, sedangkan judul tabel diletakkan di atas tabel. Judul gambar atau tabel yang lebih dari satu baris dituliskan seperti piramida terbalik.

2.5 Penulisan Header dan Footer 

Format untuk semua header dan footer dalam template ini dapat langsung digunakan. Khusus untuk Header halaman pertama dan Footer semua halaman.

Header halaman pertama: Header pada halaman pertama terdiri dari judul jurnal, tanda copyright Jurnal, dan nomor Jurnal yang akan dimutakhirkan oleh Redaksi. Header tersebut ditulis dengan huruf Tahoma berukuran 10 point.

Header pada nomor halaman genap: Header pada nomor halaman genap terdiri dari nama-nama belakang penulis artikel, dalam huruf Tahoma berukuran 10 point ditulis di tengah (centered). Jika artikel ditulis oleh lebih dari sama dengan 3 orang, maka hanya tuliskan nama belakang penulis pertama saja, diimbuhi dengan kata dkk. sesudahnya.

Header pada nomor halaman ganjil: Header pada nomor halaman ganjil terdiri dari judul artikel dalam lower case dengan huruf kapital di awal kata, huruf Tahoma berukuran 10 point, yang ditulis di tengah (centered).

Footer: Seluruh halaman dalam artikel mempunyai bentuk footer yang sama. Footer terdiri dari tulisan “[Nama Jurnal]” diikuti dengan garis penghubung (dash) dan nomor halaman yang dimulai dengan angka 1 pada halaman pertama dalam huruf Tahoma berukuran 10 point. Nomor halaman akan dimutakhirkan oleh Redaksi pada saat dimuat.

2.6 Penulisan sumber dan Daftar Rujukan

Kehati-hatian dalam penulisan sumber dan Daftar Rujukan merupakan satu keharusan agar penulis dapat terhindar dari plagiarisme. Untuk itu, penulis dianjurkan untuk mengikuti secara ketat ketentuan penulisan sumber dan Daftar Rujukan dalam panduan ini. Penulis artikel bertanggungjawab sepenuhnya atas penulisan rujukan, sumber rujukan, dan Daftar Rujukan. Semua sumber yang dicantum dalam Daftar Rujukan harus dirujuk dalam badan tulisan, dan hanya pustaka yang dirujuk di dalam tulisan yang dicantumkan dalam Daftar Rujukan (References, bukan Bibliography).

Sumber dituliskan dengan mengikuti tatacara (style) yang dikeluarkan oleh APA, yaitu dengan mencantumkan nama belakang penulis sumber yang dirujuk, diikuti dengan angka tahun. Daftar Rujukan juga ditulis dengan mengikuti tata cara urutan kemunculan pertama sampai terakhir. Daftar Rujukan ditulis terakhir setelah Endnote (jika ada). Contoh penulisan Daftar Rujukan dapat dilihat pada bagian terakhir petunjuk ini.

2.7 Gambar

Hanya gambar yang memiliki relevansi secara langsung dengan paparan yang boleh dicantumkan dalam artikel. Gambar diletakkan di tengah, di tempat yang paling relevan dengan kalimat yang merujuknya dalam artikel. Setiap gambar (foto, grafik, dan diagram) dalam artikel harus dilengkapi dengan keterangan/judul gambar dan nomor gambar berurutan, ditulis di bawah gambar pada posisi tengah dengan font ukuran 10 pt bold. Misalnya: “Gambar 1. Trend ASFR di Afrika”. Gambar harus relevan secara langsung dengan artikel, dan selalu dirujuk dalam artikel (disebut sebagai “Gambar 1”). Penulis bertanggungjawab sepenuhnya terhadap kualitas gambar yang dicantumkan. Jurnal dapat menerima gambar berwarna, namun tidak akan melakukan koreksi apapun terhadap kualitasnya. Semua gambar sebaiknya dikompres sehingga memiliki resolusi maksimum 220 dpi, dan hapus selalu bagian yang di-crop. Jika gambar diambil dari sumber lain, selalu cantumkan sumber dari mana gambar tersebut diambil sebagai bagian dari judul gambar. Redaksi dapat menyesuaikan ukuran dan resolusi gambar jika dibutuhkan.



Gambar 1. Trend ASFR Afrika (Poston, 2010)

 

2.8 Tabel

Hanya tabel yang memiliki relevansi langsung dengan paparan yang boleh dicantumkan dalam artikel. Tabel diletakkan di tengah, di tempat yang paling relevan dengan kalimat yang merujuknya dalam artikel. Setiap tabel harus mempunyai judul dan nomor tabel berurutan, ditulis di atas setiap tabel pada posisi tengah dengan font tulisan serupa dengan gambar, seperti “Tabel 1. Perbandingan Jumlah Penduduk per Kecamatan Tahun 2010”. Tabel dirujuk dalam artikel sebagai “Tabel 1”. Ukuran huruf untuk isi tabel disesuaikan dengan kebutuhan, dengan memperhatikan keterbacaan. Jika sangat dibutuhkan, jenis huruf pun bisa disesuaikan dengan huruf yang lebih ramping seperti misalnya Arial Narrow.

Tabel 1. Perbandingan Jumlah Penduduk Per Kecamatan Tahun 2010

Kepala tabel kolom 1

Kepala tabel kolom 2

Kepala tabel kolom 3

Kepala tabel kolom 4

Isi 11

Isi 12

Isi 13

Isi 14

Isi 21

Isi 22

Isi 23

Isi 24

 

3. format isi

Paparan dalam artikel dituliskan sesuai dengan kaidah penulisan artikel ilmiah yang baik. Pada dasarnya, artikel terdiri dari bagian pendahuluan, metodologi, isi (hasil penelitian dan analisis/pembahasan), kesimpulan, dan daftar rujukan. Jika sangat dibutuhkan, penulis dapat mencantumkan endnote, tapi tidak boleh mencantumkan footnote.[1]

Standar penulisan badan tulisan juga merujuk kepada penulisan artikel ilmiah yang baik. Sedapat mungkin poin pemikiran penulis dituangkan dalam bentuk paragraf, dan bukan dengan penulisan enumerasi menggunakan nomor. Penggunaan bullet sama sekali tidak dianjurkan. Jika tulisan dengan bullet membentuk kalimat lengkap, maka tuliskan saja sebagai kalimat dalam paragraf. Jika hanya berupa frasa, maka tuliskan sebagai bagian dari sebuah kalimat yang lengkap. Jika sangat dibutuhkan, beri nomor urut dalam tanda kurung untuk menandai, dan dipisahkan dengan tanda titik koma.

4. KESIMPULAN

Penulisan isi kesimpulan menggunakan huruf dan gaya paragraf yang sama dengan bagian lainnya. Untuk menghindari kesalahan penulisan artikel, disarankan untuk langsung menggunakan dokumen ini sebagai format (template) dengan menghapus isi petunjuk penulisan ini dan menyimpan (save as) sesuai dengan nama file yang diminta.

UCAPAN TERIMA KASIH

Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada suatu instansi jika penelitian ini didanai atau mendapat dukungan oleh instansi tersebut, atau jika ada pihak yang secara signifikan membantu langsung penelitian atau penulisan artikel ini. Jika pihak tersebut sudah tercantum sebagai penulis, maka tidak perlu disebut lagi dalam Ucapan Terima Kasih ini.

 

 

DAFTAR rujukan

Rujukan Buku:

 

Meier, R. (2012). Professional AndroidTM 4 Application Development. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.

 

Bohmer, M. (2012). Beginning Android ADK with Arduino. New York: Apress.

 

Rujukan Jurnal:

 

Atzori, L., & Andreas (2002). Performance Analysis of Fractal Modulation Transmission Over Fast-Fading Wireless Channels. Journal IEEE Transactions On Broadcasting. 48(2): 103-110.

 

Darlis, A., Lidyawati, L., & Nataliana, D. (2016). Implementasi Visible Light Communication (VLC) Pada Sistem Komunikasi. Jurnal Elkomika. 1(1): 13-25.

 

Rujukan Prosiding:

 

Zeng, G., & Qiu, Z. (2008). Audio Watermarking in DCT. International Conference on Signal Processing (pp. 2193-2196).

 

Rujukan Online :

 

Mac Leod, D. (1992). Post-Modernism and Urban Planning. Dipetik pada 25 Juni 2010 dari http://www3.sympatico.ca/david.macleod/POMO.HTM.

 

 

Catatan : Seluruh daftar rujukan diatas harus terujuk di dalam artikel dengan contoh

…..…Pada tahun 2012, penelitian yang dilakukan oleh Meier (Meier ,2012) dan timnya, mencoba untuk mengirimkan data dengan kecepatan tinggi……

 



Contoh jurnal hardcopy yang di-online-kan dapat dilihat di website : ejurnal.itenas.ac.id/index.php/elkomika.



_______________________________________________________________________________________________________________________

ISSN (cetak) : 2338-8323   |  ISSN (elektronik) : 2459-9638

diterbitkan oleh :

Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 20 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 206)  Fax. 7202892

Surat Elektronik : jte.itenas@itenas.ac.id

_________________________________________________________________________________________________________________________

Statistik Pengunjung

Free counters!

web
counter

Lihat Statistik Jurnal

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License