Informasi untuk Penulis

Pemasukan Naskah

  1. Naskah dimasukkan sebanyak 1 berkas artikel berupa softcopy yang diunggah melalui email ke jte.itenas@itenas.ac.id atau menggunakan Open Jurnal System (OJS). Artikel dalam bentuk hardcopy juga dapat diterima untuk penyerahan pertama, namun penulis harus menyerahkan artikel dalam bentuk softcopy jika artikel dinyatakan diterima untuk dimuat dalam Jurnal. Penulis dapat mengunduh pedoman penulisan Jurnal Elkomika di sini.
  2. Naskah tulisan harus asli, belum pernah dimuat di media lain, atau tidak sedang dalam proses untuk dimuat di media lain. Untuk naskah yang pernah disampaikan dalam ceramah/seminar/diskusi harap disebutkan dalam catatan pada halaman pertama.
  3. Seluruh naskah yang masuk ke redaksi akan diperiksa oleh Redaksi Ahli sesuai dengan bidang kajian naskah. Aspek yang diperiksa menyangkut kesahihan informasi, kontribusi substantif terhadap bidang kajian, serta kejelasan dan kualitas presentasi naskah.
  4. Naskah yang disajikan tidak sesuai dengan ketentuan jurnal akan dikembalikan.

Ketentuan Naskah

  1. Naskah diketik dengan menggunakan komputer dalam format MS Word, dengan kertas berukuran A4,  dan berjarak 1 spasi. Font yang digunakan adalah Tahoma untuk semua style dengan ukuran 11. Jumlah halaman penulisan adalah antara 10 – 20 halaman, disertai abstrak (maksimum 185 kata) dan kata kunci (5 - 6 kata) dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia dengan menggunakan huruf miring. Naskah diberi nomor halaman.
  2. Naskah tulisan dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris. Bila menggunakan bahasa Indonesia diharapkan memperhatikan pedoman dan istilah yang telah dibakukan. Bila terpaksa menggunakan istilah asing, hendaknya digunakan huruf miring pada kata tersebut.
  3. Naskah disusun dengan urutan : Judul, nama penulis (tanpa gelar), instansi tempat bekerja, dan alamat email, abstrak dan kata kunci (Indonesia dan inggris), pendahuluan, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, dan daftar rujukan. Jika penulis lebih dari satu orang, nama penulis dicantumkan berurutan ke samping, dengan nama penulis utama dicantumkan paling awal.
  4. Naskah dapat dilengkapi dengan tabel, grafik, gambar, dan foto dalam format hitam-putih dengan ukuran 10. Tabel, grafik, gambar, dan foto harus diberi judul yang singkat dan jelas, dan masing-masing diberi nomor urut yang sesuai pada isi naskah.
  5. Redaksi berhak memperbaiki tata bahasa dari naskah yang akan dimuat tanpa mengubah maksud isinya.
  6. Daftar rujukan berisi hanya yang dirujuk dalam tulisan saja. Rujukan dalam daftar rujukan diurutkan berdasarkan urutan kemunculannya dalam artikel, dengan tata cara penulisan sebagai berikut :

Meier, R. (2012). Professional AndroidTM 4 Application Development. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.

Bohmer, M. (2012). Beginning Android ADK with Arduino. New York: Apress.

Atzori, Luigi ; Andreas (2002). Performance Analysis of Fractal Modulation Transmission Over Fast-Fading Wireless Channels. Journal IEEE Transactions On Broadcasting. 48(2): 103-110.

Zeng, G., & Qiu, Z. (2008). Audio Watermarking in DCT. International Conference on Signal Processing (pp. 2193-2196).

Mac Leod, D. (1992). Post-Modernism and Urban Planning. Dipetik pada 25 Juni 2010 dari http://www3.sympatico.ca/david.macleod/POMO.HTM

Contoh penulisan rujukan pada artikel adalah …..…Pada tahun 2012, penelitian yang dilakukan oleh Meier (Meier ,2012) dan timnya, mencoba untuk mengirimkan data dengan kecepatan tinggi……



_______________________________________________________________________________________________________________________

ISSN (cetak) : 2338-8323   |  ISSN (elektronik) : 2459-9638

diterbitkan oleh :

Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 20 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 206)  Fax. 7202892

Surat Elektronik : jte.itenas@itenas.ac.id

_________________________________________________________________________________________________________________________

Statistik Pengunjung

Free counters!

web
counter

Lihat Statistik Jurnal

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License