Perancangan dan Realisasi Alat Pengukur Intensitas Cahaya

MUCHAMAD PAMUNGKAS, HAFIDDUDIN HAFIDDUDIN, YUYUN SITI ROHMAH

Sari


ABSTRAK

Kebutuhan pencahayaan setiap ruangan terkadang berbeda. Semuanya tergantung dan disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan. Beberapa penyelidikaan mengenai hubungan antara produktivitas dengan pencahayaan telah memperlihatkan, bahwa pencahayaan yang cukup dan diatur sesuai dengan jenis pekerjaan dapat menghasilkan produksi maksimal dan penekanan biaya. Pencahayaan yang baik yaitu pencahayaan yang memungkinkan kita dapat melihat obyek yang dengan jelas. Maka dari itu dibutuhkanlah suatu perangkat pengukur intensitas cahaya. Untuk merealisasikan rancangan perangkat pengukur intensitas cahaya, dalam penelitian ini dibuatlah suatu perangkat alat ukur intensitas cahaya menggunakan sensor intensitas cahaya digital BH1750 untuk menerima cahaya, lalu cahaya yang diterima akan diolah oleh mikrokontroler untuk ditampilkan di LCD. Pengukuran intensitas cahaya di suatu ruangan dapat dilakukan menggunakan alat ini sehingga dapat diketahui pemenuhan standar intensitas cahaya suatu ruangan. Alat ini memiliki akurasi > 92% dan alat ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan alat yang sudah ada.

Kata kunci: intensitas cahaya, sensor cahaya, BH1750, luxmeter

 

ABSTRACT

Every room need different lighting. It’s depends about the activities. Some reseach about of lighting on productivity have make we knowing about lighting which appropriate with activities will generate maximum productivity and cost reduction. Good lighting is lighting that allows us to see objects clearly done.

Therefore we need a device that measures the intensity of light. To realize the design of a device that measures the intensity of light, in this project created a device measuring instrument light intensity using digital light intensity sensor BH1750 to receive light, then the light received will be processed by the microcontroller to be displayed on the LCD. Measurement of the intensity of light in a room can be done using this tool so that it can be seen the fulfillment of standard light intensity of a room. This instrument has an accuracy of > 92% and this tool has a cheaper price than existing tools.

Keywords: light intensity, light sensor, BH1750, luxmeter


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


___________. (2014). Light Sensor. Dipetik pada 1 April 2014 dari http://indo-ware.com/produk-2855-light-sensor-bh1750-bh1750fvi.html.

Rusmadi, Dedi. (1999). Mengenal Teknik Elektronika. Bandung : Pionir Jaya

Winoto, Ardi. (2008). Mikrokontroler AVR ATmega8/16/32/8535 dan Pemrograman dengan Bahasa C pada WinAVR. Bandung : Informatika.

___________. (2014). Dipetik pada 3 April 2014 dari https://github.com/hexenmeister/ AS_BH1750/blob/master/examples/LightMeter_LCD/Light Meter_LCD.ino.

___________. (2014). Dipetik pada 3 April 2014 dari http://forum.arduino.cc/index.php?topic=85523.0.

Wanto. (2008). Rancang bangun Pengukur Intensitas Cahaya Tampak Berbasis Mikrokontroler. Tugas Akhir. Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Suwaldi, R. Wakhid Akhdinirwanto, Siska Desy Fatmaryanti. (2013). Rancang Bangun Luxmeter Sederhana Untuk Menjelaskan Pokok Bahasan Besaran dan Satuan Materi Intensitas Cahaya Kelas X SMAN 1 Sapuran. Jurnal Radiasi Vol.3 No.1.




DOI: https://doi.org/10.26760/elkomika.v3i2.120

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


_______________________________________________________________________________________________________________________

ISSN (cetak) : 2338-8323 | ISSN (elektronik) : 2459-9638

diterbitkan oleh :

Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 20 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 206) Fax. 7202892

Surat Elektronik : jte.itenas@itenas.ac.id________________________________________________________________________________________________________________________

Statistik Pengunjung

Free counters!

Web

Analytics Made Easy - StatCounter

Lihat Statistik Jurnal

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License